Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Senin, 29 April 2024

Pamekasan- Sudah ke 13 Tahun Majelis Pemuda Brigah (MPB), Dusun Brigah, Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan menggelar acara peringatan hari besar Islam, kali ini acara yang bertajuk pekan Muharrom 1445 hijriah sholawat nariyah akbar serta pengajian umum dan santunan anak yatim, dilaksanakan Senin. (7/8/2023) malam.

Acara tersebut dimulai sekitar pukul 20.00 wib, dihadiri sekitar 600 orang laki-laki dan perempuan warga setempat, mereka tampak antusias dan kompak ikut serta mensukseskan acara keagamaan itu. Selain warga setempat hadir pula tamu undangan para ulama dan tokoh masyarakat, utamanya mereka yang mengkordinatori sholawat nariyah di wilayah Kabupaten Pamekasan.
 
Menariknya acara yang digagas MPB ini, panitia mengundang semua anak yatim yang ada di Desa Dasok untuk menerima santunan dan santunan itu diberikan langsung oleh para donatur secara bergiliran diatas panggung.
 
Usai pemberian santunan anak yatim dilanjutkan acara pengajian umum keagamaan disampaikan oleh Dr.KH.Kholilurrahman Wafi, SH.MSi pengasuh Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
 
Dihadapan para jamaah sholawat nariyah KH.Kholilurrahman menyampaikan tentang sunnah Nabi Muhammad SAW yang dilakukan pada bulan Muharram, salah satunya menyantuni anak yatim.
 
"Ada satu syiir arab terkait 12 amalan-amalan yang sunnah dilakukan setiap tanggal 10 Muharram meliputi, berpuasa, melaksanakan sholat sunnah, silaturrahmi, berziarah kepada orang alim, menjenguk orang sakit,memakai celak, mengusap kepala anak yatim, bersedakah kepada anak yatim, mandi, membahagiakan famili, memotong kuku serta membaca surat al-ikhlas sampai 1000 kali". Jelas penceramah kondang asal Pamekasan
 
Dirinya menegaskan betapa pentingnya menjaga dan meneruskan amalan-amalan sunnah yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang dianjurkan para ulama. Acara tersebut dipungkasi pembacaan sholawat dan pembacaan doa yang dipimpin mantan Bupati Pamekasan tersebut.