Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Jumat, 17 Mei 2024

Pamekasan - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menghadiri dan membuka acara Sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan dan Pencanangan Jawa timur Eleminasi Kusta 2017 di Kabupaten Pamekasan. Rabu (15/03).

Dalam kunjungannya kali ini, Gus Ipul panggilan akrab Wakil Gubernur Jatim ini mewakili Gubernur Jawa Timur Soekarwo ke Pamekasan dan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Kohar Hari Santoso yang sekaligus sebagai panitia acara sosialisasi.

Dalam sambitannya, Kadinkes provinsi itu mengatakan latar belakang kegiatan ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan amanah kita untuk menjadikan masyarakat Jawa timur yang lebih sejahtera, berkeadilan mandiri dan berakhlak.

"Fokus kami pada kesempatan kali ini adalah untuk peningkatan gizi masyarakat dan upaya Eleminasi penyakit kusta", ungkapnya.

Sementara Bupati Pamekasan Drs Achmad Syafii MSi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Jawa Timur yang berkenan datang ke Pamekasan dan membuka acara sosialisasi ini.

"Mudah-mudahan dengan acara ini kita dapat mengeleminasi kusta di Provinsi Jawa Timur", katanya.

Jawa Timur mencanangkan program "Jelita" (Jawa Timur Eleminasi Kusta) tahun 2017, sedangkan Pamekasan mempunyai program "Pelita" (Pamekasan Eliminasi Kusta) tahun 2017.

"Kami menargetkan ditahun 2019 penyakit kusta di Pamekasan sudah bisa teratasi dengan baik", jelas orang nomer satu di Pamekasan.

Sedangkan Gus Ipul yang mewakili Gubenur Jawa timur mengatakan, permohonan maaf karena Gubernur tidak dapat hadir langsung berhubung ada agenda mendadak di Malang.

"Pemerintah telah melaksanakan program perbaikan gizi, khususnya pada kelompok rawan kekurangan gizi, yaitu Ibu hamil, ibu menyusui bayi dan balita ", jelas Gus Ipul.

Dan saat ini upaya tersebut telah di kembangkan lebih luas dengan melakukan upaya perbaikan gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap kelompok rawan kekurangan gizi tersebut.

"Pemberian PMT harus di pahami oleh seluruh masyarakat terutama bagi ibu hamil, keluarga yang memiliki balita dan anak sekolah", tambah Gus Ipul.

PMT untuk ibu hamil usia kehamilan kurang 3 bulan harus makan biscuit 2 keping setiap hari, usia di atas 3 bulan makan 3 keping setiap hari.

Balita umur 1 tahun di anjurkan makan 12 keping per hari kalau anak SD bisa di berikan 6 keping per hari tetapi kalau anak yang mengalami sakit kronis, seperti kusta dan TB bisa kita berikan 8 keping setiap hari.

Gus Ipul juga berharapkan partisipasi seluruh masyarakat dalam pengobatan dan menekan penularan kusta, serta tidak menghindari para penderita maupun mantan pasien penyakit kusta.

Indonesia merupakan negara ke 3 terbesar setelah negara India dan brazil dalam masalah penyakit kusta.

"Sedangkan Jawa timur merupakan penyumbang terbanyak dengan angka 23 persen, dan Madura merupakan daerah terbanyak penyakit ini dengan 35% di Jawa timur", ungkap Gus Ipul.

17352693_1062985003832446_1115386991_n

Dalam kesempatan itu Gus Ipul juga berdialog dengan Syarifah (25) dan seorang ibu yang anaknya berumur 2 tahun dan pernah terkena penyakit kusta. Mamun saat ini sudah sembuh berkat berobat di puskesmas yang berada di desanya secara gratis.

Dalam acara sosialisasi PMT dan jelita ini di hadiri Bupati se Madura atau yang mewakili, SKPD terkait, Kepala Dinas Kesehatan Wilayah Endemis penyakit kusta serta para tomas, toga, ibu hamil dan para murid sekolah dasar.

 

Liputan : Holil

Editor : Pandu W