Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Kamis, 2 Mei 2024

Pamekasan - Peresmian Gedung Baru Balai Pemasyarakatan Kelas II Pamekasan diresmikan oleh Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asy'ari yang ditandai dengan pemotongan pita serta disaksikan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Budi Sulaksana, SH. MSi, dan didampingi Kepala Bapas Pamekasan Yuyun Nurliana, S.IP. Rabu (25/1).

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, selamat atas peresmian gedung Bapas Pamekasan ini, karena dengan memiliki gedung yang baik akan menunjang sarana dan prasarana guna mendukung peran dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Sehingga nantinya Bapas dapat memberikan kontribusi yang lebih, signifikan bagi tugas-tugas Bapas Kelas II Pamekasan dimasa yang akan datang", kata Khalil Asy'ari membacakan sambutan Bupati Pamekasan.

Sementara itu Budi Sulaksana, SH. MSi selaku Kakanwil Kemenhum dan Ham Jawa Timur mengatakan bahwa hari ini ada 20.067 napi dan tahanan di Jawa Timur, dalam satu tahun meningkat sampai dengan 50 ribu.

"Karena itu saya minta kepada Pemerintah Daerah, instansi penegak hukum lainnya agar bekerja sama bagaimana caranya supaya tidak bertambah, bahkan kalau bisa mengurangi tingkat kejahatan", ungkapnya.

Fungsi masyarakat juga menjadi peran penting guna menggugah karena tanpa bantuan masyarakat tidak ada apanya, sementara penyebab terjadinya tindak kejahatan banyak dikarenakan faktor ekonomi, sehingga perlu kita sikapi bersama-sama.

Tindak kejahatan yang ada di Jawa Timur rata-rata hampir lebih banyak masalah narkoba, "hampir 60 % napi dan tahanan baik anak-anak, wanita maupun orang dewasa kasusnya masalah narkoba, dan kita sudah ke Kapolda, BNN mencari cara bagaimana membina masyarakat agar tidak pakai narkoba", jelas Budi.

Bapas Kelas II Pamekasan yang mempunyai wilayah mulai dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep sampai ke kepulauan yang ada di Madura.

Sementara itu terkait gedung Bapas yang pembangunannya menelan 6,9 milyar ia mengatakan, "gedung ini cukup bagus untuk pembinaan untuk Bapas, dan sangat cocok untuk naik kelas menjadi kelas I, cuma bagaimana mengisi kegiatan yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat kejahatan", pungkasnya.

Dalam peresmian ini selain Wakil Bupati Pamekasan serta Kakanwil Kemenhum Ham Jawa Timur, juga dihadiri Muspida Koordinator, Ketua DPRD Pamekasan dan SKPD terkait, Kepala BNN Pamekasan, Kepala Rutan se Madura dan Kepala Imigrasi.

 

Liputan : Holil SuaraPamekasan

Editor : Pandu Wardana