Okta Live Streaming

NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Senin, 17 Juni 2024

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Pamekasan - Menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1444 Hijrah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Pasar Tani Galak yang berlokasi di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Rabu (15/03/2023). 

 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ajib Abdullah mengatakan, bahwa pasar galak murah ini adalah kegiatan tahunan yang sering dilakukan oleh DKPP dengan mengumpulkan peternak, petani, pelaku usaha pertanian dan peternakan, serta UMKM dalam satu tempat yang sama. 
 
Adapun tujuannya dari pasar itu sendiri untuk mempertemukan petani dengan konsumen secara langsung dan menjadi pasar yang pertama dimana hasil pertanian dijual secara langsung pula kepada masyarakat.
 
Dan menurutnya, dalam Pasar Tani Galak itu juga menyediakan sembako yang berkualitas bagus dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar. 
 
"Dengan berkembangnya keadaan, maka pasar galak ini menjadi pasar yang pertama untuk menjual barang-barang langsung pertanian secara langsung ke masyarakat dan yang kedua untuk memamerkan dan menawarkan kepada pedagang-pedagang besar bahwa Pamekasan mempunyai produk-produk pertanian seperti ini," katanya. 
 
Selain iitu pula, Ajib menambahkan, jika pasar galak ini juga untuk menarik investor-investor datang ke Bumi Gerbang Salam guna berinvestasi khususnya di sektor pertanian. 
 
Untuk lebih mensukseskan adanya pasar galak ini, DKPP juga menggandeng beberapa instansi terkait lainnya yang diantaranya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Bulog guna menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan lain sebagainya. 
 
Pasar galak ini lanjut mantan Kadishub Pamekasan, digelar dalam satu hari dan minimal digelar 3 kali dalam satu tahunnya. 
 
Sementara itu secara terpisah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pamekasan, Nurul Widiastuti yang mewakili Bupati Pamekasan karena berhalangan hadir mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung adanya kegiatan pasar tani galak. Apalagi, saat ini masing-masing pemerintah kabupaten/kota wajib mengendalikan kenaikan inflasi.
 
"Sementara kita tahu juga bahwa PDRB kita ini sumbangan terbesarnya adalah sektor pertanian, tentunya kita patut dukungan kegiatan ini. Dan apalagi kita di masing-masing pemerintah kabupaten/kota wajib mengendalikan kenaikan inflasi," ucapnya. 
 
Selain menggelar pasar tani galak, rencananya Pemkab Pamekasan juga akan mengadakan pasar murah yang lokasinya akan ditempatkan di sentra PKL tepatnya di Food Colony yang berada di jalan Kesehatan. 
 
Dan untuk diketahui, pasar tani galak merupakan pasar tani yang dulunya merupakan hasil swadaya BPP dari Kecamatan Galis, Larangan dan Kadur.