Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Kamis, 23 Maret 2023

KPU Pamekasan Lakukan Verifikasi Faktual ke Partai Peserta Pemilu 2024

 
Pamekasan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan sejak kemarin mulai melakukan verifikasi faktual ke partai peserta pemilu 2024 dengan mendatangi kantor partai politik (parpol) yang dinyatakan memenuhi persyaratan, Senin (17/10/2022). 
 
Fathorrahman, salah satu Komisioner KPU Pamekasan mengatakan, jika dihari kedua pelaksanaan verifikasi faktual pihaknya mendatangi kantor Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang berkantor di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan. 
 
"Alhamdulillah, proses verifikasi faktual untuk DPD Partai Perindo Kabupaten Pamekasan, berjalan lancar dan sudah sesuai dengan beberapa intrumen yang sudah kita bawa," katanya. 
 
Adapun beberapa poin yang diverifikasi untuk kali ini yakni verifikasi kelengkapan kepengurusan beserta kantor, sedangkan pada hari selanjutnya akan dilanjut dengan verifikasi keanggotaan. 
 
Ia berharap verifikasi faktual yang dilakukan KPU Pamekasan ditingkat kabupaten bisa berdampak secara nasional sehingga nantinya Partai Perindo lolos menjadi peserta pemilu 2024 mendatang. 
 
"Harapannya mudah-mudahan verifikasi faktual tingkat Kabupaten Pamekasan bisa berdampak secara nasional sehingga kemudian Partai Perindo lolos menjadi peserta pemilu 2024," ujarnya. 
 
Sementara itu Ketua DPD Partai Perindo, Yudi S Hartono, optimis jika partai yang dipimpinnya itu akan lolos dalam verifikasi faktual kali ini mengingat pada pemilu sebelumnya sudah diverifikasi. 
 
"Dalam hal ini kami tidak khawatir Partai Perindo tidak lolos, karena Perindo merupakan partai yang notabene pernah diverifikasi pada tahun 2018 pada saat menjelang pemilu 2019 yang lalu," ungkapnya. 
 
Untuk diketahui, verifikasi faktual yang dilakukan KPU Pamekasan sejak kemarin hingga 4 November 2022 mendatang, mendapat pengawasan dari Bawaslu setempat.