Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Minggu, 19 Mei 2024

Pamekasan - Bupati Pamekasan Drs Ach. Syafii, MSi meresmikan embung 1 Samiran yang luasnya 1,2 ha dan berlokasi di Desa Kodik Kecamatan Proppo Pamekasan, sebagaimana sarana cadangan unit pruduksi sebagai air baku. Kamis (2/2).

Dalam sambutan laporannya Direktur PDAM Agus Bahtiar mengatakan peresmian embung 1 samiran ini disertai penandatangannan MoU antara PDAM dengan Bank Jatim, BTN dan Kantor Pos untuk pembayaran online serta penaburan benih ikan sebanyak 125 ribu ekor.

"Pembangunan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memenuhi air bersih di Kabupaten Pamekasan, yang beberapa tahun ini kondisi air bawah tanah susah didapat", katanya.

Pembangunan WTP 1 ini merupakan tampungan air yang berfungsi sebagai cadangan WTP Samiran dan hanya limpasannya saja yang dibutuhkan.

"PDAM berkomitmen dalam memanfaatkan air dam selama ini hanya ingin memanfaatkan limpasannya saja", ungkap Agus.

Sementara itu Bupati Pamekasan mengatakan pembangunan embung ini hanya sebagai cadangan air baku. "Jadi kalau musim kemarau limpasan air ini tidak ada dalam beberapa bulan, dan itu sudah kita kaji dalam beberapa bulan dan ketika limpasan habis kita manfaatkan embung ini", jelas Bupati sambil menunjuk ke embung baru.

[caption id="attachment_700" align="alignleft" width="388"]Foto : Penaburan Benih Ikan Kedalam Embung Samiran 1 Foto : Penaburan Benih Ikan Kedalam Embung Samiran 1[/caption]

Selain sebagai air cadangan, embung yang baru diresmikan nantinya bisa dijadikan wahana rekreasi. "Karena rencananya masih akan dibangun waduk 4 ha lagi, selain itu juga akan dibangun RTH yang berfungsi sebagai taman tempat pancing dan wisata air", ungkapnya.

Saat ditanya bisa dikomersilkan embung ini, Syafii mengungkapkan, "bisa saja selama itu tidak mengganggu fungsi utamanya", pungkasnya.

 

Liputan : Holil SuaraPamekasan

Editor : Pandu Wardana