Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Minggu, 19 Mei 2024

Pamekasan - Jumlah peserta JKN-KIS yg diselenggarakan BPJS Kesehatan terus menghasilkan peningkatan dan perkembangan yang semakin positif. Salah satu indikasinya dengan bertambahnya jumlah peserta yang terus bertambah.

Sementara itu hari ini per Tanggal 1 Februari 2017, BPJS Kesehatan meluncurkan pelaksanaan MOBILE SCRENING DAY yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia begitupun juga BPJS untuk Kantor Cabang Pamekasan  dengan langsung mendatangi PT. Niaga Tama Pamekasan peluncurannya.

Sementara itu Eko D. Kesdu selaku Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan KC Pamekasan mengatakan agar peserta JKN-KIS untuk lebih peduli dalam melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan secara pribadi.

"Sehingga akan secara dini setiap peserta dapat mengetahui kondisi kesehatannya bagaimana", ungkapnya. Rabu (01/2).

Pada dasarnya skrening mobil ini diadakan untuk pencegahan dini, sehingga Hasil lanjut skrining riwayat kesehatan dapat berupa hasil resiko rendah ataupun tinggi. Jika hasil resiko rendah peserta disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan aktifitas fisik secara rutin minimal 30 menit, namun jika hasil resiko sedang/tinggi peserta disarankan berkunjung ke Fasilitas Tingkat Pertama ( FKTP) untuk konsultasi dengan dokter keluarga maupun di puskesmas.

"Namun jika ada pemeriksaan lebih lanjut, seperti lab dan sebagainya, otomatis dengan sendirinya akan dirujuk, yang pasti fasilitas tingkat pertama yang harus dituju pertama", jelasnya. Sasaran dari skrening mobile adalah semua peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar, "jadi tidak peduli peserta dari perusahaan, TNI Polri maupun PNS", tambahnya.

16409975_1035180769946203_2062991334_o

Pelaksanaan skrining mobil atau riwayat kesehatan ini bisa di download melalui aplikasi mobile skrining BPJS Kesehatan, dengan cara mengakses fitur melalui Handphone (gadget yang menggunakan platform android) .

"Program mobile skrining akan memudahkan peserta mengetahui secara langsung hasil skrining riwayat kesehatan setelah mengisi seluruh pertanyaan yang ada, kemudian peserta dapat menindak lanjuti hasil skrining yang telah dilakukan dengan berkunjung ke fasilitas kesehatan terdaftar," kata Eko lebih lanjut.

Pelaksanaan Mobile Skrining sangat bermanfaat karena mempermudah peserta untuk dapat mengetahui Kondisi Kesehatan dan resiko penyakit kronis sejak dini melalui handphone masing masing pesertanya.

 

Liputan : Holil Suara Pamekasan

Editor : Pandu Wardana