Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Kamis, 2 Mei 2024

Pamekasan - Bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pamekasan yang tersebar di beberapa titik lokasi dalam beberapa hari terakhir membuat BPBD Pamekasan membuat langkah-langkah kedaruratan. Kamis (2/3).

Menurut Akmalul Firdaus, S.Sos selaku Kepala BPBD Pamekasan mengatakan, kami melakukan sesuai dengan kewenangan, namun kedaruratan kami ini hanya sifatnya sementara dari berbagai bencana alam.

"Dalam langkah kedaruratan ini kami tetap melalui proses pengkajian oleh tim dan kami tindak lanjuti serta diusulkan anggarannya untuk dilakukan tanggap darurat", katanya.

Sementara itu yang menjadi prioritas dalam tanggap darurat ini melihat kondisi riel di lapangan yang berpotensi rawan bencana serta mengancam keselamatan dan pemukiman penduduk beserta fasilitas umum dan lain-lain.

"Kalau kami bisa melakukan tanggap darurat yang sifatnya sementara kami lakukan, jika tidak mampu secara teknis akan diusulkan pada kegiatan permanen di APBD reguler", ungkapnya.

Untuk sementara ini, siaga dan tanggap darurat BPBD Pamekasan masih diperpanjang sampai sampai pada bulan Maret.

"Kondisi dan cuaca yang cukup ekstrim dan belum stabil membuat kami melakukan perpanjangan status darurat bencana alam", jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, "kami berharap agar masyarakat yang berada diwilayah yang berpotensi bencana supaya berhati-hati, dan jika terjadi bencana segera menghubungi kami agar bisa dilakukan langkah-langkah kedaruratan", pungkas Firdaus lebih lanjut.

 

Liputan : Holil