Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Kamis, 16 Mei 2024

Pamekasan - Sat lantas Polres Pamekasan, dalam beberapa hari ini menggelar razia kendaraan bermotor yang memfokuskan terhadap para pengendara yang menggunakan kenalpot brong.

Kasat Lantas Polres Pamekasan AKP Sumaryanto, SH yang di dampingi KBO lantas Ipda Safril Selfianto SH saat ditemui jelang apel gelar pasukan Operasi lili semeru 2016 di Mapolres Pamekasan mengatakan bahwa, operasi yang dilakykan Lantas sudah sesuai dengan surat yang di terima dari Polda Jatim, "kami tidak main-main melaksanakan giat razia
Knalpot brong dan modifikasi motor yang tidak sesuai spektec ", jelasnya. Kamis (22/12).

Giat operasi yang dilakukan sejak tanggal 18 Desember ini, sudah banyak yang terjaring razia, hal ini dilakukan guna mengantisipasi jelang natal dan tahun baru agar tercipta suasana harkamtibmas dan kamseltibcar lantas.

"Selain itu, operasi ini untuk meminimalisir adanya balap liar, kebut-kebutan dijalan, konvoi yang menyebabkan kemacetan, jadi kami melakukan giat ini siang malam", jelas Kasat Lantas.

Sementara itu terhadap pemilik motor yang kedapatan terjaring dan menggunakan knalpot brong mendapat tindakan dari Lantas, "bagi yang tidak bisa membawa knalpot sesuai spektec atau standarnya kita amankan sampai selesai tahun baru, sedangkan yang membawa dan mengganti sesuai spektec kita tukar barang bukti (BB) dengan STNK ", tambahnya.

"Bunyi knalpot ini sangat mengganggu pengguna jalan, selain itu juga dapat membuat polusi udara," katanya.

Sementara itu Kapolres Pamekasan ketika dimintai keterangan setelah apel mengatakan, "memang operasi ini kita laksanakan secara rutin dan diintensifkan terus, sehingga kita harapkan pada saat malam pergantian tahun tidak ada yang menggunakan knalpot brong", katanya.

Sebelum melaksanakan giat ini, Polres Pamekasan sudah banyak melakukan sosialisasi mulai dari awal bulan, "kita adakan sosialisasi masalah ini baik melalui media elektronik maupun cetak, dan mulai dari bengkel, toko, sampai para komunitas sepeda motor", pungkas Kapolres.

Liputan : Holil Suara Pamekasan

Editor : Pandu Wardana