Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Senin, 29 April 2024

Pamekasan - Dalam rangka menunjang program Swasembada Pangan, Kodim 0826 Pamekasan mengajak masyarakat membangunkan lahan tanah tidur menjadi lahan Produktif. Jumat (23/12).

Dalam program tanam kali ini yang dilaksanakan di Kecamatan Pademawu, di hadiri Dandim 0826 Pamekasan, Kapolsek Pademawu, para Danramil, ibu Persit Candra Kirana 45 Cabang Pamekasan, serta dibantu warga setempat. Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto sesaat usai acara tanam mengungkapkan bahwa, "penanam ini adalah merupakan program Pemerintah pusat, untuk hari itu kita mencoba menanam padi pada lahan tidur dengan luas lahan 1/2 Hektar", jelasnya.

"Jadi apabila ada masyarakat yang punya lahan tidur ayo kita bekerja sama, kami bisa melakukan pendampingan secara langsung atau bisa langsung berkordinasi dengan kami, melalui babinsa atau koramil terdekat", ajaknya.

Lebih lanjut Nuryanto mengatakan, "dan kalau ada masyarakat yang kurang alusistan juga bisa berkoordinasi dengan Babinsa setempat", terang orang nomer satu di Kodim 0826 Pamekasan ini.

Sementara Danramil Pademawu Kapten Inf Bambang menambahkan, bahwa tanah yang sedang digarap sekarang adalah tanah percaton (bengkok). "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak desa melalu kepala desa mengupayakan lahan tidur ini menjadi tanah yang produktif dan tentunya bisa bermamfaat nantinya bagi masyarakat", jelas Bambang.

Farid Wajdji selaku camat Pademawu mengungkapkan, untuk diwilayahnya lahan tidur masih ada, "kami sangat mengapresiasi program Dandim guna memproduktifkan lahan tidur seperti ini, untuk selanjutnya akan kami komonikasikan dengan pihak desa", ungkapnya.

Sementara Kadis Pertanian Isye Windarti mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya program Kodim ini."Dengan membangunkan lahan tidur secara tidak langsung ini akan menambah luas lahan pertanian, cuma kita juga harus memperhatikan kondisi cuaca saat ini, jenis hama penyakit dan lainnya", jelasnya.

"Untuk program seperti ini kami tetap akan mendukung karena ini nantinya akan menunjang dan meningkatkan hasil Panen", kata Syaiful Anam Kepala Bapelluh menambahkan pernyataan Kadis Pertanian.

Liputan : Holil Suara Pamekasan

Editor : Pandu Wardana