SEMADURA (semangat pagi madura)

 05:00:00  -  09:00:00 WIB

 SEMADURA (semangat pagi madura)

 Jumat, 14 Desember 2018

Semangat pagi madura adalah program yang mengemas berita seputar madura yang menampung semua aspirasi masyarakat tentang pelayanan publik yang akan langsung ditanggapi oleh pihak terkait.

Kontes Sapi Sono

sape sono’ pertama kali dicetuskan oleh warga Batu Kerbui pesisir utara Pamekasan. Dalam sejarahnya setiap kali selesai bekerja membajak ladang, para petani biasanya memandikan sapinya itu. Setelah dimandikan maka sepasang sapi itu didiamkan ke satu tiang ”tancek’’. Kebiasaan itu juga dilakukan oleh petani lain dalam satu petak tanah tegal, sehingga tampak ramai. Kemudian muncul pemikiran dari para petani untuk memilih dan melombakan mana sapi yang paling bersih dan rapi berdiri. Pasangan sapi itu juga kemudian didandani dengan asesoris yang indah.

Sape sono’ berasal dari bahasa Madura yaitu dari kata “srono” atau “nyono” yang artinya masuk. Masuk disini adalah berkaitan dengan awal mula budaya ini, yang kerap digunakan menyambut tamu yang datang kerumah warga.

Budaya Kontes Sape Sono’ sangat berbeda dengan kerapan sapi yang diadu kekuatan dan keperkasaannya dalam berlari, namun sape sono’ diadu kecantikan dan keanggunannya. Sapi tidak dipacu dan ditunggangi. Ia Malah diiringi dengan tarian dan  musik tarian saronen, sebuah musik khas yang memang biasa digunakan untuk mengiring sape sono. Sapi ini dirawat agar bulunya bagus, badannya sintal dan bisa berjalan serempak bersama pasangan  pengantin.

Dalam kontes sape sono’ penilaiannya adalah kecantikan sapi, keindahan, kelembutannya, dan kekompakan sapi. kontes ini dianggap menarik karena di dalam kontes ini yang dimainkan harus sapi betina yang terawat (bulunya halus, indah diliat, postur tubuhnya juga menarik) karena hal itu juga akan menambah penilaian juri.

 Dikatakan sape sono’ karena dalam kontes ini sapi betina jika ingin memenangkan kontes harus berhenti di garis finish yaitu sebuah panggung kecil yang sengaja dibuatkan dengan sebuah kayu kecil dipertengahannya. Dan sapi betina harus menginjakkan kaki di kayu itu dengan serempak dan tidak boleh bergerak karena jika bergerak akan mengurangi nilainya.


Aplikasi Mobile

We have 80 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

  • Regginang merupakan makanan khas Madura yang juga bisa disebut sebagai kerupuk. Lebih spesifiknya lagi, Regginang adalah kerupuk yang...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Untuk memperingari Hari Kartini pada  tanggal 21 april 2015 Radio spfm mengadakan suatu acara yang di...

Permainan

  • Lilik Riana UIM 2017 -Permainan lompat tali karet sangat populer diera tahun 70-an hingga 80-an ini berasal dari Eropa yang dibawa ke...