NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Tarian Muang Sangkal

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki banyak sekali budaya kesenian dan berbagai macam wisata kuliner khas nusantaranya. Tari tradisional adalah suatu tarian yang menggabungkan semua gerakan yang mengandung makna tertentu. Pada tari tradisional mengandalkan ketepatan musik, keluwesan gerak, kekompakan gerakan, dan pengaturan komposisi. Dengan menari, kita bisa menggambarkan suasana hati yang tengah bahagia. Selain itu,tarian tradional adalah tarian yang sudah mempunyai makna tersendiri dengan gerakan serempak dan beriringan, serta menggunakan kostum ala adat Madura.

Adapun tarian tradisional yang sangat lumrah bagi masyarakat Madura adalah “Tarian Muang Sangkal. Mungkin bagi masyarakat Madura asli pasti sudah tau dari dua kata di atas. Kata muang sangkal berasal dari bahasa Madura, yaitu “muang” artinya membuang sedangkan “sangkal” berarti sukerta yang artinya gelap, Tetapi kata sangkal bisa diartikan bahwa “jika orang tua memiliki seorang gadis yang di lamar laki-laki maka lamaran tersebut tidak boleh di tolak karena bisa jadi mala petaka yaitu gadis tadi tidak akan laku selamanya”. Ini semua sudah menjadi kepercayaan bagi masyarakat Madura.

Tarian muang sangkal berasal dari kota sumenep yang diciptakan oleh salah satu seniman sumenep taufikurracman pada tahun 1972 M. Tarian muang sangkal sama seperti tarian tradisional lainnya. Tapi tarian muang sangkal memiliki keunikan yang menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat Madura. Karena penari muang sangkal harus berangka ganjil tidak boleh genap dan Para penari wanita pun tidak boleh dalam keadaan yang datang bulan atau haid. Uniknya lagi, para penari memakai busana ala pengantin sumenep.

Tarian Muang Sangkal termasuk tarian yang unik dan menarik  jadi, kita sebagai generasi muda harus melestarikan budaya nenek moyang kita yang sudah turun temurun ini. 

Pic – disporabud sumenep


Aplikasi Mobile

We have 75 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Sumenep tidak pernah mati akan keindahan alamnnya, banyak tempat yang cukup menarik wisatawan dari luar madura maupun dari madura sendiri. Selain...

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Radio SPFM selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk para pendengarnya, acara radio Suara...

Permainan