NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Tergerus Arus Global, Bhenteng Sudah Jarang Dimainkan

Ayu SMKN 1 Tlanakan 2017 - Madura merupakan nama pulau yang terletak disebelah timur laut Jawa Timur, Madura juga memiliki banyak suku budaya, wisata kuliner, permainan tradisional yang cukup diminati dikalangan anak-anak, salah satunya adalah permainan Bentengan atau lebih familiar dengan kata Bhenteng dalam bahasa madura. Permainan ini sangat familiar di era tahun 80/90an, namun seiring perkembangan jaman, permainan tradisional ini semakin tergerus arus globalisasi. Harapan kedapan semoga para pemuda sekarang dapat mengingat dan melestarikan kembali serta dapat mengenalkannya kepada generasi muda sekarang sehingga permainan tradisional ini tetap terjaga dengan baik.

Permainan benteng menjadi media anak untuk bersosialisasi karena permainan ini dimainkan secara bersama sama. Selain itu, permainan ini juga melatih kemampuan anak dalam bekerja sama . Permainan ini juga mengasah kemampuan menyusun strategi dan meningkatkan keativitas agar kelompoknya dapat menjadi pemenang. Benteng merupakan permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak sejak jaman dulu dan pada era saat ini sudah jarang dimainkan karena sekarang ini anak-anak sudah cenderung  lebih memilih permainan canggih seperti gadget, playstation, video game, game online dll.

Permainan ini terdiri dari Grup/Kelompok dan masing-masing grup terdiri dari 4 sampai 6 orang. Permainan Bhenteng ini bisa dimainkan secara Straight atau Cross Over, Permainan Staight terdiri dari dua kelompok saja, Namun sedikit berbeda dengan permainan Cross Over yang terdiri dari 3 grup atau lebih tergantung dari banyaknya peserta yang akan bermain. Masing-masing grup akan memilih suatu tempat sebagai markas biasanya sebuah tiang kayu, bambu  atau batu sebagai benteng.

Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat baik digunakan untuk berolahraga karena diperlukan dedikasi khusus untuk menjadi pemenang. Tujuan utama dari permainan ini adalah menyerang dan mengambil alih benteng lawan dengan menyentuh tiang yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata bhenteng dengan keras.

Permainan benteng ini seperti pada perang, benteng membutuhkan strategi untuk memenangkan permainan. Salah satu strategi dalam permainan ini biasanya membagi masing-masing anggota untuk mengemban tugas menjadi penyerang, mata-mata, pengganggu dan penjaga benteng sebagai komanda. Penyerang bertugas mencari celah agar bisa menyentuh benteng lawan. Mata-mata bertugas mencari lawan yang telah lama tidak menyentuh benteng untuk diserang. Pengganggu bertugas memancing lawan untuk keluar dari daerah benteng. Penjaga benteng harus menjaga benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng karena kalau disetuh oleh pihak lawan akan dinyatakan kalah.

Pemain benteng yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu lebih dulu, apabila dikejar oleh musuh dan tersentuh tangan atau bagian badan yang lain, maka dia dianggap tawanan dan ditempatkan pada tempat yang sudah ditentukan sebelum permainan dimulai. Tawanan yang tertangkap oleh Pemain dapat kembali mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan oleh temannya dengan cara dijemput/ekoni’eh (dalam bahasa madura). Adapun cara membebaskannya cukup mudah yaitu menyentuh tangan atau bagian tubuhnya sehingga tawanan ini dianggap bebas dari sanderaan.

Kelompok pemain dapat dinyatakan mendapatkan nilai (score) apabila dapat menyentuh basecamp musuh (bhenteng). Setelah didapatkan pemenang pada sesion pertama, para kelompok dapat memulainya permainan kembali dengan cara menurkarkan basecame pada kelompok yang lain.

Sedikit Berbeda pada permainan Bhenteng Cross Over dengan analogi sebuah kerajaan, apabila kelompok yang sudah menyentuh benteng lawan, maka kelompok tersebut akan menguasai benteng tersebut dan tawanannya akan menjadi koloni penguasa benteng sehingga dapat bersama sama menyerang kelompok berikutnya.

Berakhirnya permainan ditentukan oleh kesepakatan para pemain. Kelompok yang kalah akan mendapatkan hukuman jongkok atau menggendong kelompok yang menang dari benteng sendiri kebenteng lawan, jumlah gendongan tergantung kesepakatan. Permainan benteng ini adalah salah satu permainan tradisional yang semakin jarang dimainkan tetapi mempunyai banyak manfaat, selain asyik, dapat menghibur juga bisa memberikan kebugaran jasmani karena dibutuhkan strategi, pemikiran dan lari yang cepat untuk menjadi the winner dalam permainan bhenteng ini.

editor rovi || pic - nersnurila wp


Aplikasi Mobile

We have 105 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Sumenep tidak pernah mati akan keindahan alamnnya, banyak tempat yang cukup menarik wisatawan dari luar madura maupun dari madura sendiri. Selain...

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Dalam menyambut bulan suci ramadhan radio Suara Pamekasan memiliki program tahunan, salah satunya...

Permainan