100% Pop Indonesia

 15:00:00  -  17:00:00 WIB

 100% Pop Indonesia

 Selasa, 17 September 2019

yuuuk pantau terus 966 Radio Suara Pamekasan dan bisa dinikmati via streaming yang dapat di download di applikasi store

EFA SMKN 1 Sampang 2019 - Sebaiknya jika punya anak ayo kenalkan generasi penerus kita pada permainan tradisional. Jangan hanya dikenalkan pada game dan gadget, karena game dan gadget itu bisa membuat mereka lambat untuk belajar.  jika sudah kecanduan, maka akan sulit bagi anak-anak untuk menghindari gadget tersebut.

            Permainan petak umpet ini merupakan sebuah permainan yang dilakukan secara bersama-sama dengan anak-anak yang lain akan lebih seru lagi jika banyak yang ikut bermain dan bisa juga dimainkan dalam jumlah 3 orang atau lebih akan lebih seru. Permain ini bisa dilakukan didalam rumah dan bisa juga dimainkan diluar rumah (lapangan) agar bisa gumpet lebih luas, namun ada batasannya jika main diluar rumah agar tidak terlalu jauh untuk mencarinya.

            Petak umpet ini diawali dengan Gambreng “hom pimpa” yang kalah akan jadi (jaga) benteng dengan mata tertutup. Sebelum bersembunyi penjaga akan menghadap tembok atau pohon yang akan dijadikan “benteng” dan sisanya akan bersembunyi.

Sebelum bersembunyi, peserta akan berdiri dibelakang penjaga sebelum mulai menghitung dimana hitungan akan dimulai dari angka 1-10 itu paling cepat dan paling lambat 1-50. Sebelum hitungan selesai peserta yang lain mulai berlari untuk mencari tempat persembunyian yang sulit ditemukan oleh penjaga. Sebuah trik yang paling aman untuk bersembunyi sebelum hitungan penjaga selesai takutnya nanti bisa ketahuan tempat persembunyiannya.

            Setelah selesai menghitung, “penjaga” bisa mencari teman-temannya yang lagi ngumpet. Mereka yang sedang ngumpet bisa mencari cela untuk keluar tanpa ketahuan “penjaga” untuk merebut “bentengnya” tadi dengan menyebut “vall atau hong”. Bagi mereka yang ketahuan masih bisa memiliki kesempatan  untuk tidak jaga “benteng” dengan beradu lari dengan penjaga untuk merebutkan “benteng” dengan berteriak “vall atau hong”. Jika tidak bisa atau lebih cepat penjaga yaa terpaksa harus gentian jaga (jadi) dengan syarat penjaga harus menemukan semua temannya yang lagi ngumpet.

            Permainanan petak umpet ini bisa dimainkan dengan media yang lain, salah satunya yaitu bisa dimainkan dengan bola, pecahan genteng yang disusun keatas atau sandal jepit yang disusun berbentuk kerucut. Semakin banyak sandal dan genteng yang disusun maka waktu yang diperlukan penjaga akan lama sehingga peserta mendapatkan keuntungan untuk “ngumpet” se aman mungkin.

Pertama membuat lingkaran secukupnya terus bola (media yang lain) ditaruk ditengah lingkaran setelah itu para pemain ngumpul di dekat lingkaran dengan melakukan hompimpa, peserta yang kalah akan jaga dan temen lainnya mengumpet, namun salah satu teman  yang menang akan menjadi perwakilan untuk menendang bola sejauh mungkin. Teman yang menang hompimpa akan lari mencari tempat bersembunyi (mengumpet).

Penjaga akan mengambil bola yang ditendang tadi secepat mungkin lalu ditaruk lagi ditengah lingkaran, selanjutnya penjaga akan mencari teman yang bersembuyi sampai ketauan semua.

Jika salah satu teman ada yang ketauan berarti dia keluar dengan beradu lari dengan penjaga untuk secepat menungkin menyentuh bola dalam lingkaran. jika ada teman yang lain keluar tanpa sepengatuhuan penjaga maka bisa langsung menendang bolanya, lalu teman yang tadinya ketauan bisa bersembunyi kembali dan mengulang kembali permainannya. Penjaga harus terus berusaha mencari teman yang mengumpet sampai ketahuan semua. setelah ketauan semua maka yang akan mengantikan posisi penjaga adalah yang ketahuan duluan (pertama kali). (actor Novi, Santi, Romlah, Eva || photografer Misbah)


Aplikasi Mobile

We have 182 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Oksigen merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi manusia karena tanpa oksigen manusia akan meninggal.

Kuliner Madura

  •  Ayu Smk Tlanakan 2017 - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitupun di Sumenep. Salah satu...

Event Kita

Permainan