DENSUS 96 ( Dendang Nostalgia Suara Pamekasan)

 21:00:00  -  23:59:59 WIB

 DENSUS 96 ( Dendang Nostalgia Suara Pamekasan)

 Jumat, 15 November 2019

Berbagi salam di malam hari dengan suasana hangat khas madura, request lagu dangdut nostalgia sekaligus berbagi cerita di balik lagu kenangan tiap akhir pekan.

Permainan Lempar Karet vs Cek Oncek

Lilik riana UIM 2017- Dalam dunia modern saat ini telah banyak budaya yang tergerus oleh waktu salah satu contoh adalah permainan tradisional. Anak kecil zaman sekarang sudah tidak mengenal bagaimana cara memainkan permainan tradisional, bahkan tidak mengetahui permainan tradional ini mainkan oleh orang-orang sebelum kita.

Kemajuan zaman ini membuat permainan tradisional mulai dilupakan  dan hanya sedikit masyarakat yang berusaha melestarikannya. Mainan karet yang satu ini belum diketahui asal usulnya dari mana tapi yang jelas sudah turun temurun dari anak dan cucu orang madura, di madura sendiri permainan ini sangatlah asyik dan cara bermainya sangat sederhana. Permainan ini sangatlah menghibur dan dapat mempererat persaudaraan sesama teman dan melahirkan nuasa kebersamaan dan dapat menjadi media senda gurau.

Adapun cara bermainnya cukup mudah, Para pemain menyediakan gelang karet untuk dikumpulkan terlebih dahulu, untuk jumlahnya tergantung dari kesepatan para pemain. semakin banyak anggota yang bermain maka gelang yang diperebutkan semakin banyak pula. Setelah karet dikumpulkan kita harus menyediakan sebuah lidi sebagai patokan menang dan kalah. Setelah gelang karet dan lidi sudah di sediakan lalu tancapkang lidinya ke tanah yang kosong.

Selanjutnya mengatur jarak lempar kira-kira 3 meter dan menyiapkan gelang karet 10 karet untuk dilempar pada lidi yang ditancapkan. Untuk menentukan pemain yang melempar karet duluan biasanya ditentukan dengan hom-pim-pa terlebih dahulu, siapa yang menang akan  melempar gelang karet duluan. Pemain pertama akan melempar satu gelang karet duluan kelidinya sampai masuk jika meleset menandakan permain pertama tidak memenangkan permainan tersebut lalu diganti oleh pemain kedua dan seterusnya, jika gelang karet itu masuk pada sasaran atau pada lidinya maka menandakan permain tersebut menang dan berhak atas gelang karet yang dikumpulkan para pemain.

 

Namun ada yang sedikit berbeda pada permainan ‚ÄúCek Oncek‚ÄĚ. Pada permainan lempar karet hanya sebagian karet saja yang¬† dilempar tapi pada permainan ‚ÄúCek Oncek‚ÄĚ karet yang dikumpulkan oleh semua pemain akan ikat seluruhnya. Untuk menjadi pemenang dalam permainan cek oncek ini para pemain mencari cara agar kumpulan karet bisa Oncek (masuk) pada lidi yang ditancapkan ketanah tersebut. Ada yang dilempar melengkung, gerak lurus, dll tergantung dari konsetrasi kita agar karet bisa Oncek pada lidi tersebut.

Permainan karet ini boleh dimainkan oleh 3 orang bahkan lebih, permainan ini¬†tidak¬†hanya mengajarkan cara melempar namun fokus pada sasaran adalah kunci agar bisa menjadi ‚ÄúThe Winner‚ÄĚ dalam permainan karet ini. Yang¬†paling penting permainan¬†ini¬†megajarkan solidaritas dan dapat menghargai teman yang menang dan kalah. Salah satu bukti¬†solidaritas yang sangat nampak dapat dilihat pada¬† pemain yang akan melakukan pelemparan, pemain yang lain¬†akan memberi semangat pada teman dan dapat menyesaikan pelemparan agar menjadi pemenang.

pic - google 1 bp blogspot


Aplikasi Mobile

We have 65 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

Event Kita

Permainan

  • Widad smk Nata 2017 -Dakon adalah salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan, bahkan permainan...