NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Permainan kelereng versi Beng Lobeng

Arul UIM 2017 - Permainan kelereng beng lobeng ini  merupakan permainan yang  di lakukan secara kelompok   dan apabila pemainya ganjil maka satu  harus jadi tokkalah   (sendirian)  akan tetapi untuk menentukan kelompok tidak semerta  merta terbentuk dengan seenaknya memilih teman sendiri  melainkan tergantung kedekatan kelereng  terhadap lubang yang dituju. kelereng yang paling jauh dari lubang tersebut yang menjadi tokkalah dan tokkalah ini menjadi pusat penyerangan  oleh dua kelompok. Ada keistimewaan tersendiri bagi tokkalah ini, keistimiwaan nya apabila target yang harus dicapai oleh setiap kelompok 10 poin, maka tokkalah ini mendapatkan bonus 5 poin atau separuh dari target.

Tidak hadiah dalam permainan ini, namun bagi siapa yang menang berhak mengettak (meNgerek) mata kaki dari kelereng atau bisa juga dengan Selte’an Kopeng (Sentilan Telinga) tergantung dari kesepatan sebelum bermain. Dalam permainan ini. Apabila tokkalah yang kalah, maka dua kelompok ini semua berhak mengettak tokkalah semua.  tapi apabila tokkalah ini nyang menag  maka kedua kelompok tersebut terus bertanding sampai ada salah satu kelompok yang kalah dan pemain berhak mengetak terhadap semua kelompok yang kalah termasuk juga tokkalah tersebut.

Adapun Cara bermainnya kita harus membuat lubang  dengan ukuran kelereng ,  setalah itu membuat stan pelemparan kelereng  terhadap lubang yang dituju. Ketika semua kelereng sudah terlempar,  maka akan diukur untuk menentukan kelompok dan tokkalah. Dua kelereng yang saling berdekatan akan menjadi kelompok satu, dua dst. Sedangkan kelereng ganjil yang paling jauh disebut tokkalah.

Sebelum melakukan penyerangan terhadap kelompok yang lain, terlebih dahulu mengukur kelereng yang paling dekat dengan lobang, apabila jarak kelereng dari lubang  tidak melebihi sejengkal (sakelan) maka boleh masuk lubang secara “cuma cuma” dan mendapatkan satu poin. Setelah itu boleh melakukan penyerangan terhadap kelereng lawan sampai memenuhi target poin yang telah di sepakati. Untuk mendapatkan poin, kita dihadapkan dengan dua pilihan yang pertama boleh masuk lubang atau memilih untuk menyerang kelompok yang lainnya sampai ada kelompok yang kalah  atau tokklah.

Permainan tradisionsl ini tidak hanya sekedar permainan yang mengundang unsur kesenangan semata, namun permainan tradisional dapat melatih kemampuan motoric, keterampilan serta berusaha untuk mejadi the winner.

pic - google brilio


Aplikasi Mobile

We have 42 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Madura adalah sebuah pulau yang sudah tidak asing lagi ditelinga karena orang madura mayoritas menjadi perantau. Akan tetapi Pulau Madura...

Kuliner Madura

  •  Ayu Smk Tlanakan 2017 - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitupun di Sumenep. Salah satu...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Suara Pamekasan merupakan salah satu Perusahaan Radio di Pamekasan yang cukup populer yang berada...

Permainan