NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Adib Hidayatullah UTM 2018 - Mengingat masa kecil tentunya akan teringat masa dahulu yang pernah dilakukan, salah satunya adalah permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu permainan yang digemari oleh anak-anak maupun remaja yang saat ini sudah mulai punah bahkan jarang dimainkan diera sekarang. Salah satu faktor yang membuat permainan ini tidak lagi digemari adalah semakin banyaknya budaya luar / budaya asing  yang masuk ke indonesia sehingga mempengaruhi dan melupakan banyak permainan tradisional dan memilih untuk beralih pada permainan digital seperti game online dan sebagainya. Permainan tradisional yang sudah hilang bahkan jarang dimainkan oleh anak-anak sekarnag adalah permainan DAM-DAMAN

Permainan DAM-DAMAN merupakan sebuah permainan adu strategi dan konsentrasi antara pemain satu dengan pemain lainnya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang saja, Bahan yang digunakan untuak membuat permainan ini tentunya mudah didapatkan. Adapun media permainan bisa menggunakan kertas, biji-bijian dan juga alat tulis yang nantinya akan dugunakan sebagai bahan objek permainan. Cara membuat permainan ini sangatlah sederhana sekali, hanya dengan menyediakan kapur atau bolpen sebagai alat untuk menggaris bahkan bisa menggunakan pecarahan genteng, serta alas untuk membentuk area lapangan permainanan. Garis yang digunakan dalam permainan ini membentuk segi empat yang di dalamnya berisi beberapa garis kecil segitiga sebanyak 32 persegi.

DAM-DAMAN ini permainan mirip catur, setiap pemain harus bergantian menjalankan pionnya. Cuma disini tidak ada skak math adanya cuma makan/dimakan serta DAS. Adapun cara bermain permainan ini adalah menyediakan 10 biji jagung ataupun bahan yang lainnya yang mudah dikenali oleh pemain serta 10 ketas yang sudah dilipat dengan total keseluruhan memcapai 20  sebagai bahan objek permainan. Setelah itu bagi menjadi 4 dengan formasi 5 objek di baris paling belakang dan lima objek baris nomor 2 begitupun pada baris lawan. Mulailah bermain adu strategi dan konsentrasi dengan memainkan objek yang sudah di tatarapi sesuai strategi yang sudah kita ancang untuk memenangkan pertandingan. Geser salah satu objek sesuai yang kita inginkan untuk mulai awal dalam sebuah permainan. Kita dapat memakan pion lawan asal pion lawan ada didepan pion kita dengan catatan garis dibelakang pion lawan kosong. Biasanya untuk dapat memakan pion lawan yang banyak maka kita harus mengumpan salah satu pion kita, saat beri umpan maka lawan harus memakan dengan cara melompati musuhnya. Permainan ini kita bisa memakan objek lawan dari berbagai sisi, bisa dari sisi samping, spiral maupun depan yang peting mengikuti garis yamg sudah ditentukan. Uniknya dalam permainan ini, pion harus bergerak maju dengan berjalan satu garis dan tidak boleh mundur.

Adapun istilah-istilah dalam permainan ini seperti Kudes yang artinya apabila objek lawan yang berada didepan kita tidak dimakan otomatis objek kita sendiri yang akan dimakan oleh lawan. Istilah yang kedua Dam yang artinya salah satu objek permainan kita sudah tembus paling pojok area permainan lawan, keutungannya apabila salah satu pion kita mecapai DAM maka kita dapat dengan mudah memakan objek lawan dari baris satu dengan baris lainnya sesuai yang kita inginkan sehingga kita akan lebih mudah untuk memenangkan sebuah pertandingan. Keseruan dalam permainan ini kita dapat melatih konsentrasi dan saling adu strategi untuk mengalahkan antara satu sama lainnya.


Aplikasi Mobile

We have 53 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Lomba tartil merupakan lomba membaca al-qur’an  secara tadarrus dengan menggunakan qira’at Imam...

Permainan