NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Permainan Dakon

Widad smk Nata 2017 - Dakon adalah salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan, bahkan permainan dakon ini juga sering dimainkan oleh orang dewasa untuk merefresh kinerja otak dan permainan ini biasanya ditemukan sekitar wilayah Madura.

Permainan dakon  hanya dapat diisi 2 orang saja, namun ketika peserta yang ingin bermain cukup banyak dan papan dakon yang tersedia hanya satu saja, maka para peserta harus melakukan antrean bermain sesuai kesepakatan bersama dengan cara suit, gunting batu kertas dan aneka undian lainnya.

Dakon adalah alat bermain yang terbuat dari kayu dengan panjang 50 cm, untuk diameter dan kedalamnya hanya 3cm saja. Dakon terdiri dari beberapa lobang yang berjejer sebanyak 14 rumah yang dibagi 2 setiap pesernya. dan 2 lobang sebagai induk dakon. Untuk memainkannya dibutuhkan biji-bijian seperti bijinya srikaya, sawo kecil dan ada juga memakai kelereng kecil, jumlah biji dakon adalah 7 butir pada setiap lobangnya namun tidak diisi pada 2 lobang induk.

Ada beberapa daerah yang bermain dakon tanpa papan kayu, yaitu memainkan diatas tanah dengan membuat lubang kecil sesuai jumlah lobang seperti biasanya, untuk bijinya dapat menggunakan batu kerikil. Buat kita yang merasa kerepotan memproduksi dakon sendiri baik dengan bahan dasar kayu ataupun tanah, kita bisa langsung membelinya dibeberapa toko terdekat yang menjual papan dakon dengan bahan dasar kayu/plastik, kita tidak usah repot mencari biji dakon karena biasanya biji sudah 1 pakek dalam pembelian tersebut.

Cara mainnya cukup mudah, siapkan dua orang pemain yang saling berhadapan. sebelum bermain peserta melakukan ping sut dulu untuk menentukan siapa yang berhak menebar biji dakon lebih awal. bijinya diambil dari satu lubang dan dimasukkan ke lubang berikutnya satu per satu secara berurutan. Salah seorang yang memulai dapat memilih lubang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lubang disebelah kanan secara berurutan.

Jika bijiannya habis ditempat/lobang area kita, maka kita berhak mengambil seluruh biji pihak lawan yang ada disisi tempat kita berhenti, akan tetapi jika berhenti di lubang kosong area lawan, maka kita berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa, selanjutnya pihak lawan yang melakukan penjejeran biji dakon berikutnya. Pemenang dalam permainan ini adalah perserta yang mendapatkan biji terbanyak di lubang induk.

Kalau kita pengen menang jangan khawatir ada juga triknya. sebelum bermain kita memilih dulu biji pada lubang yang akan disebar dengan cara menghitung, tujuannya agar biji terakhir yang disebar bisa jatuh di lubang yang kosong. Semakin banyak biji dakon yang dikumpulkan, makan peluang menang akan semakin besar.

pic - cdn2.tstatic


Aplikasi Mobile

We have 82 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

  •  Ayu Smk Tlanakan 2017 - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitupun di Sumenep. Salah satu...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Pada kesempatan ditahun 2015 radio Suara Pamekasan menggelar acara yang sangat beragam dari tahun ke...

Permainan