NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Zainal A. UTM 2018 - Pang Srampang adalah jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak maupun remaja. Dulu permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak dan bisa dijumpai diberbagai wilayah Madura. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju permainan ini sudah jarang dimainkan lagi. Mereka cenderung lebih senang bermain permainan online yang didukung oleh internet untuk mengaksesnya. Bagi mereka bermain game online sangat mudah dan simple ketimbang bermain permainan tradisional yang melelahkan itu.

Pang Srampang ini bisa dimainkan secara bersama dengan jumlah pemainnya bisa lebih dari 5 orang. Uniknya jika peserta hanya sedikit, permainan pun akan tetap bisa dimainkan dengan minimal 2 orang. Bahkan jika antusias peserta tinggi, maka permainan ini bisa dimainkan lebih dari 10 orang.

Untuk menentukan siapa yang hendak memulai terlebih dahulu permainan ini, yaitu dengan cara melempar media berupa serpihan genting, keramik, atau juga bisa memakai sandal. Sama halnya dengan permainan kelereng, genting atau keramiknya yang paling dekat dengan garis kotak permainan (okak) maka ialah yang boleh memulai permainan tersebut terlebih dahulu. Untuk menghindari perselisihan dalam menentukan giliran permainan, jarak genting akan diukur dengan garis kotak adapaun posisi genting yang paling jauh dari garis, maka dia mendapatkan giliran terhakhir dalam permainan.

Pang Srampang adalah permainan yang terbuat dari bungkus rokok yang terbuat dari merk rokok apapun. Bungkus rokok ini dilipat menyerupai persegi empat. Ada perbedaan angka dari bungkus rokok tersebut. Yaitu, bungkus rokok isi 12 kretek filter nilai nominalnya disebut seribuan. Sedangkan yang isi 16 kretek filter nilai nominalnya lima ribuan. Kemudian nominal yang paling tinggi yaitu 20 kretek filter dengan nominal sepuluh ribuan. Jika ingin bermain Pang Srampang dengan kesepakatan lima ribuan, maka bisa dibayar menggunakan 5 bungkus rokok 12 kretek filter atau dengan bayar 1 bungkus rokok 16 kretek filter.

Cara bermainnya mudah, cukup buat garis persegi empat dengan ukuran sedang atau berdasarkan kesepatan paserta yang ini bermain, lalu letakkan bungkus rokok yang sudah dilipat dalam garis tersebut. siapkan alat lempar menggunakan media serpihan genting, keramik dan juga bisa menggunakan sandal. Lemparkan alat tersebut ke sisi garis persegi empat, genting yang jatuhnya didalam garis persegi empat (eddut) maka harus diulang kembali. Kalau sampai 3x masih tetap jatuh didalam garis persegi empat, maka perserta tersebut akan di diskualifikasi dan tidak dapat melanjutkan permainannya.

Genting yang paling dekat dengan garis (okak), maka dia yang berhak memulai permainan terlebih dahulu. Pemain lainnya bergiliran untuk memulai permainan sesuai ketentuan (okak). Cara untuk mendapatkan poin yaitu kita bisa melemparkan genting kearah bungkus rokok sampai keluar dari area garis kotak tersebut. Kemudian untuk mengalahkan lawan yaitu dengan cara melemparkan genting tersebut ke genting lawan sampai terjadi kontak langsung. Bagi yang tidak mendapatkan poin, maka tidak diperbolehkan untuk mematikan genting (media bermain) milik lawannya. Penentuan pemenang yaitu mereka yang mampu bertahan dari serangan lawan sampai ahir pertandingan selain itu, Pemenang juga bisa ditentukan dengan cara siapa diantara peserta yang paling banyak mendapatkan poin (nilai akumulasi) dari bungkus rokok tersebut.

Untuk menemukan bungkus rokok sangat mudah sekali, kita bisa menemukan disekitar rumah atau area lainnya. Untuk media lemparnya seperti genting, keramik bisa ditemukan di sekitar halaman rumah, kalaupun tidak ada sama sekali kita bisa menggunakan sandal sebagai media bermain.


Aplikasi Mobile

We have 110 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

  • Widad smk Nata 2017 -Kacang ijo adalah tanaman yang sejenis kacang-kacangan bisa dikolaborasi dan dijadikan isi ondeh onde, atau...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Lomba tartil merupakan lomba membaca al-qur’an  secara tadarrus dengan menggunakan qira’at Imam...

Permainan

  • Lilik Riana UIM 2017 -Permainan lompat tali karet sangat populer diera tahun 70-an hingga 80-an ini berasal dari Eropa yang dibawa ke...