NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Main Patung Patungan

Lilik Riana UIM 2017 - Salah satu jenis permainan yang menyerupai sebuah patung dimana permainan ini sangat bermamafaat bagi kita untuk menguji mental karena permainan ini juga bermamfaat untuk berfikir secara jernih dengan berhenti sejenak tanpa gerak sedikitpun seolah-olah sedang berfikir dan mengasah otak kita.

Permainan ini adalah permainan yang sangat lucu dan sangat berkesan sekali karena kebersamaan dengan teman sepermainan sejak kecil hanya tertanam dalam fikiran kita hanya bermain dan bermain tidak lebih dari itu. permainan ini diturunkan oleh para leluhur kepada anak dan cucunya dari dulu hingga saat kini sehingga permainan ini sangat meluas dan menjadi tradisi permainan bagi anak-anak masa kecil.

Di daerah madura permainan sering dimainkan tapi tak menutup kemungkinan di daerah lain juga memainankannya. dimadura sendiri nama permainan adalah patung patungan (dalam madura “Jung Tak Gulien”). bagi kita yang mengetahuinya pasti sudah tidak asing lagi  dan cukup disayangkan bagi adik-adik pada zaman sekarang ini dimana teknologi yang semakin canggih membuat mereka melupakan permainan tradisional sebagai warisan leluhur pada zaman dahulu. Permainanan tradisional sangatlah asyik karena bisa mempererat hubungan kita antar sesama dan bisa menambah teman-teman baru dan juga mempererat silatuhrahim.

Kita sebegai generasi muda harus mampu menjaga dan melestarikan permainan yang sudah jarang dimainkan ini, Adapun cara bermain Patung Patungan sangat simpel sekali. Kita cari teman sebanyak mungkin untuk diajak bermain bersama karena semakin banyak peserta maka semakin seru pula saat Patung Patungan dimainkan. Setelah kita mengumpulkan teman-teman kita membagi dalam dua tim sebagai tim pemain dan pengganggu. Tim yang kalah hompimpa  atau gunting batu kertas maka tim tersebut akan menjadi tim pengganggu. Kalo kedua tim sudah terbentuk kita dapat memulai permainan “Patung Patungan” dengan mengucapkan secara keras dan lantang dengan kata “Jung Tak Kulien Sapa Se Akulih Otabe Se Akellek Teddih”, yang dalam bahasa indonesia “Jangan Bergerak, Siapa Yang Bergerak  atau Tertawa Yang Kalah).

Tim yang kalah suit akan mengganggu tim pemain dengan cara membuat gerakan yang lucu, jenaka, dll dengan tujuan agar tim pemain akan tertawa. Bagi tim yang tertawa akan dinyatakan kalah dan mendapat hukuman sesuai kesepakatan sebelum, selanjutnya setiap tim akan merotasi dari tim pemain menjadi tim penganggu, begitupun sebaliknya.

Permainan ini sangat sederhana, mengasikkan dan bisa melatih diri kita untuk melakukan kegiatan lucu sehingga lawan menjadi tidak tahan untuk tertawa karena inti dari permainan ini adalah menciptakan canda tawa.

pic - google 4 bp blogspot


Aplikasi Mobile

We have 32 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Pulau Madura merupakan sebuah kota yang di kelilingi oleh keindahan lautnya, tercatat bahwa Pulau Madura banyak akan keindahan wisata yang...

Kuliner Madura

  • Nurul SMK Tlanakan 2017 - Wisata kuliner di jawa timur khususnya Madura sangatlah beranekaragam dan daerah pasti mempunyai makanan khas...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Pada kesempatan ditahun 2015 radio Suara Pamekasan menggelar acara yang sangat beragam dari tahun ke...

Permainan

  •       Zainal UTM 2018. Permainan tradisional saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak di zaman milenial seperti sekarang. Padahal kalau...