KAROPOK PASIR

 10:00:00  -  13:00:00 WIB

 KAROPOK PASIR

 Rabu, 24 Juli 2019

Variety show memberi semangat dengan canda khas madura yang segar dan ramah,  info artis dangdut, dan mambahas hot topic sambil berkirim salam, Request Lagu Dangdut, Pantunan atau  Syiir serta Karaoke dikahir segment

Iis smk Matsaratul Huda 2019 - zaman dahulu, permainan tradisional merupakan permainan yang sangat digemari oleh anak-anak. Tidak hanya anak-anak saja yang menggemari permainan tradisional tersebut, orang dewasapun sangat menggemarinya Bahkan permainan tradisional ini mampu memberikan refreshing kepada otak saat lagi kacau.

 Seiring berkembangnya zaman, permainan tradisional sudah mulai pudar, jarang orang memainkannya, bahkan penggemarnya pun sudah mulai sedikit. Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, banyak orang-orang yang lebih menggemari game online dibandingkan permainan tradisional. Mungkin ini penyebab dari pudarnya permainan tradisional, padahal masih banyak permainan tradisional lainnya yang jauh lebih seru dibandingkan permainan game online. Contohnya seperti permainan “sloduren”.

 

“Sloduren” merupakan salah satu permainan tradisional di Indonesia yang digemari oleh anak-anak. Permainan sloduren ini memiliki nama tersendiri disetiap daerah, contohnya di daerah masalembu Kab Sumenep menyebutnya dengan nama “segi”. Permainan ini sangatlah sederhana dan bahannya tidak terlau banyak, hanya perlu membuat garis dan area bermain saja.

 Cara membuat garis dalam permainan ini sangatlah gampang, yaitu dengan menggunakan kapur, cat, batu bata atau lain sebagainya. Cukup buat garis horizontal sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan banyaknya juga harus sesuai dengan jumlah pemain tim yang menjaga, garis horizontal ini juga harus diberi jarak sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan dengan jarak yang sama. Kemudian buat garis vertikal untuk garis batas samping dan tengah.

 Tata cara bermain sloduren cukup mudah, yaitu dengan membagi pemain menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3-5 orang dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang siap main. Sebelum bermain biasanya masing-masing tim melakukan suit  atau yang lain untuk menentukan siapa yang menjadi tim “jaga” dan siapa yang menjadi tim “lawan”.

Masing-masing tim memiliki tugas yang berbeda, tim “jaga” bertugas menjaga tim “lawan” agar tidak sampai pada garis start. Sedangkan tim “lawan” bertugas untuk melewati garis hingga garis paling belakang dan kembali lagi menuju garis start.

 Adapun aturan permainannya yaitu tim “jaga” akan menjaga lapangan pada masing-masing garis horizontal dan berusaha menyentuh (dalam bahasa Madura “agheppak”) juga menghalang-halangi tim “lawan” untuk tidak melewati garis. Tim “jaga” ada juga yang bertugas menjaga dua garis sekaligus, yaitu garis horizontal dan batas tengah garis vertikal. Biasanya yang mempunyai tugas bagian ini adalah pemain yang menjaga garis horizontal yang paling depan dan hanya dilalukan oleh 1anggota saja. Tim “jaga” akan berganti posisi dengan tim “lawan” jika ada salah satu anggota tim “lawan” yang keluar dari batas garis  ataupun berhasil disentuh (egheppak) oleh “tim jaga” dengan syarat kaki tim “jaga” tidak boleh melewati garis yang ditempati. Jika itu terjadi maka permainan tetap bisa dilanjutkan dan tidak ada pergantian posisi.

 Untuk mendapatkan kemenangan , tim “lawan” harus berusaha melewati setiap garis  sampai garis paling belakang, kemudian kembali melewati garis hingga sampai pada garis start. Jika tim “lawan” berhasil melewatinya dengan selamat (tidak tersentuh tim “jaga” atau keluar dari garis batas) maka akan mendapatkan skor/menang. Adapun hukuman bagi anggota yang kalah sangat bermacam-macam adakalanya jongkok, skotjam, rayap dan pushup tergantung pada kesepakatan bersama yang telah ditentukan oleh masing-masing tim.

 Tim “lawan” dikatakan kalah apabila ada salah satu anggota tim “lawan” yang tersentuh oleh tim “jaga” atau keluar dari garis batas. Jika hal ini terjadi maka akan dilakukan pergantian posisi, yaitu tim “lawan” akan menjadi tim “jaga” dan tim “jaga” akan menjadi tim “lawan”.


Aplikasi Mobile

We have 146 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Madura adalah sebuah pulau yang sudah tidak asing lagi ditelinga karena orang madura mayoritas menjadi perantau. Akan tetapi Pulau Madura...

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Lomba tartil merupakan lomba membaca al-qur’an  secara tadarrus dengan menggunakan qira’at Imam...

Permainan

  • Nur smk Nata 2017 - Banyak sekali permainan tradisional khas madura yang sudah tersingkirkan di era globalisasi yang semakin canggih dan...