NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

      Zainal UTM 2018. Permainan tradisional saat ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak di zaman milenial seperti sekarang. Padahal kalau kita flashback ke jaman dulu waktu kita masih kecil, banyak sekali permainan tradisional yang mengasikkan. Pada umumnya anak-anak saat ini sudah banyak yang beralih bermain permainan yang modern seperti, play station (ps), game digital maupun game online.

Kelereng Beng Lobeng merupakan permainan anak anak era zaman dahulu, Permainan ini dapat dimainkan layaknya permainan kelereng seperti biasanya. Namun yang versi beng lobeng beda cara mainnya. Kelereng beng lobeng bisa dimainkan dengan minimal 2 orang pemain dan maksimal tidak terbatas. Kelereng beng lobeng menggunakan kelereng sebagai alat bermainnya dan membuat lubang di tanah sebagai tempat permainannya. Dibutuhkan konsentrasi dan akurasi untuk memasukkan kelereng kedalam lubang tersebut.

Sama halnya permianan kelereng kak-okak, untuk menentukan siapa yang terlebih dahulu memulai permainan ditentukan dengan cara melempar kelereng kedalam lubang yang sudah dibuatkan sebelumnya. Lemparan awal kelereng tersebut tidak dituntut harus masuk kedalam lubang tapi, minimal kita berusaha mendekatkan posisi kelereng kedalam lubang tersebut karena penentuan siapa yang terlebih dahulu memulai permainan juga ditentukan dengan cara sistem okak (paling dekat dengan lubang). Alangkah baiknya jika berhasil masuk ke lubang kita bisa mendapatkan poin sekaligus memulai permainan terlebih dahulu. jarak kelereng akan diukur dengan lubang tersebut adapaun posisi kelereng yang paling jauh dari garis, maka dia mendapatkan giliran terhakhir dalam permainan.

Cara bermainnya simple, siapkan kelereng minimal satu sebagai alat mainnya. kemudian kita buat lubang kecil berdiameter 5cm saja. Saat permulaan lemparkan kelereng kedalam lubang tersebut, upayakan jika seandainya kelereng itu gagal masuk/jatuh kedalam lubang atau paling tidak minimal jatuhnya berada didekat sisi lubang tersebut (okak). Kita mempunyai kesempatan 3x untuk melempar kelereng masuk kedalam lubang, kalaupun kesempatan itu gagal kita masih dapat bermain dan ditentukan melalui sistem okak. Kelereng yang masuk kedalam lubang dia mendapatkan poin 5 dan berhak memulai permainan terlebih dahulu, untuk pemain yang lain bergiliran bermain sesuai ketentuan (okak).

Pemain pertama yang sudah ditentukan sebelumnya mengukur dengan 5 jari tangan lalu memasukkan kelereng kedalam lubang. Setiap kelereng yang masuk mendapatkan 1 poin. untuk mendapatkan poin tambahan yaitu dengan cara (mengeprek) kelereng kearah kelereng lawan sampai terjadi kontak langsung, kalau berhasil kita mendapatkan tambahan 1 poin. kemudian kita melanjutkan permainan tersebut sampai mendapatkan total 10 poin atau sesuai kesepakatan pemain. Kalau sepanjang permainan kita gagal, maka secara otomatis akan berpindah ke pemain lain yang dapat giliran bermain.

Penentuan pemenangnya yaitu ditentukan dengan akumulasi 10 poin. Siapa yang cepat poin tersebut, maka dialah yang jadi pemenang. Untuk mencari pemain yang kalah maka permainan tetap dilanjutkan sampai siapa yang paling sedikit mendapatkan poin, maka itu dapat dipastikan sebagai pemain yang kalah dan mendapatkan hukuman.

Hukuman bagi pemain yang kalah yaitu sesuai kesepakatan dan hukumannya berbeda disetiap daerah masing-masing. Berdasarkan pengalaman (penulis) biasanya kelereng milik pemain yang kalah akan di geprek (ditembakkan) habis habisan oleh semua pemain. Adapun jatah (menggeprek) kelereng milik lawan yang kalah sebanyak 5 kali kesempatan atau sesuai kesepakatan pemain dan wajar sekali jika kelerengnya lawan ada yang pecah (binceh). Namun, ada dibeberapa daerah lain, pemain yang kalan akan mendapat hukuman dengan cara di geprek mata kaki (bhentel), Semakin keras ngepek, maka pemain yang kalah akan semakin merasakan kesakitan.


Aplikasi Mobile

We have 29 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Madura adalah sebuah pulau yang sudah tidak asing lagi ditelinga karena orang madura mayoritas menjadi perantau. Akan tetapi Pulau Madura...

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Suara Pamekasan merupakan salah satu Perusahaan Radio di Pamekasan yang cukup populer yang berada...

Permainan

  • Nur smk Nata 2017 - Banyak sekali permainan tradisional khas madura yang sudah tersingkirkan di era globalisasi yang semakin canggih dan...