NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Selasa, 20 Agustus 2019

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Misbah SMKN 1 Sampang 2019 - Penteng merupakan salah satu nama permainan Tradisional Rakyat Madura, khususnya permainan untuk anak-anak. Permainan ini hanya mempergunakan dua potong kayu lurus sebesar ibu jari orang dewasa. Bahan untuk permainan ini sangat mudah diperoleh karena banyak terdapat disekitar kita. Disebut penteng karena saat kayu dipukul akan mengeluarkan bunyi (teng). hampir semua anak-anak dapat memainkannya karena yang diperlukan hanya keterampilan, focus dan konsentrasi agar dirinya bisa menjadi the winner. Selain bersifat hiburan, permainan ini ju­ga bersifat kompetitif karena ada lawan bermain serta ada ketentu­an menang dan kalah.

Peralatan yang dipergunakan dalam permainan penteng terdiri dari dua bilah kayu sebesar ibu jari dengan ukuran yang berbeda, satu pendek dan satu lagi panjang. Kayu yang pendek berukuran kira-kira 13 cm,  sedangkan yang panjang berukuran kira-kira 39 cm. Kedua bilah kayu tersebut bia­sanya ini terbuat dari kayu bulat berupa pohon jambu, jati atau bambu yang dipotong seperti ukuran diatas. Selain alat tadi, juga diperlukan sebuah lubang kecil memanjang yang digunakan sebagai tempat pemukul penteng.

Permainan penteng dimainkan oleh anak-anak paling banyak enam orang, kemudian dibagi dalam dua kelompok, masing-masing kelompok tiga orang anak. Selain dimainkan secara berkelompok permainan ini dapat pula dimainkan secara perorangan, yakni sa­tu lawan satu hanya saja, bila dimainkan secara perorangan terasa kurang mengasyikkan. Oleh karena itu permainan ini lebih sering dimainkan secara berkelompok sehingga menjadi lebih semarak. Pada umumnya penteng dimainkan oleh anak laki-laki, namun tidak tertutup kemungkinan bagi anak perempuan. Asal saja ang­gota kelompok permainan ini harus sama sejenis. Hal ini, disebabkan pada akhir permainan ada acara gindungan (bergendongan) sebagai suatu bentuk hukuman bagi  yang kalah harus menggendong yang menang.

Langkah pertama dalam permainan ini adalah melakukan hompimmpah atau sut-sutan secara berpasang-pasaangan yang menang berkelompok ke yang menang yang kalah berkelompok ke yang kalah, jika telah ditentukan masing-masing anggota kelompok. Untuk menentukan kelompok yang main pertamakali dengan nyongkek (menungkil) penteng kecil sejauh mungkin, kemudian dihitung menggukan penteng yang besar. Kelompok yang lemparannnya paling jauh, maka dia berhak untuk bermain duluan. Selain cara diatas, penetuan kelompok yang berhak bermain duluan bisa dengan dua orang anak mewakili kelompoknya masing-masing melakukan suten (suit).  Bagi kelompok yang menang dalam suten menda­patkan giliran pertama untuk bermain (Ngucol kadek)  sedangkan kelom­pok yang kalah bertugas untuk menjaga jatuhnya.

Untuk memulai permainan ini, kelompok yang menang memukul kayu kecil yang di­taruh memanjang dalam lubang dengan sebagian menonjol ke luar. Kemudian yang menonjol ke luar itulah yang dipu­kul sehingga meloncat ke atas lalu dipukul lagi oleh kayu yang panjang ke depan. Setelah kayu yang kecil dipukul dan tidak tertangkap oleh lawan (kelompok yang jaga), maka kelompok I memperoleh nilai dengan mengukur terpelantingnya kayu kecil dari lubang dengan kayu yang panjang, namun jika tertangkap oleh kelompok yang jaga, maka tidak akan dihitung dan dilanjutkan oleh anggota kelompok berikutnya.

Untuk mendapatkan nilai yang lebih banyak lagi, saat kayu kecil dipukul dari lubang dapat dipukul dua kali, maka alat pengukurnya dengan kayu yang kecil (bukan kayu yang panjang). Namun yang yang berbeda pada daerah yang lain, saat kayu kecil dapat dipukul 2, 3 dst maka  alat pengukurnya dengan kayu yang panjang (pemukul) dengan cara dikalikan sebanyak pukulan tadi.

Setelah itu dilanjutkan keteman kelompok berikutnya sampai selesai semua, lalu ganti kelompok II kelompok yang kalah untuk bermain seperti dengan kelompok sebelumnya. setelah semua kolompok selesai bermain, maka perolehan skor kelompok akan dibandingkan dengan kelompok lawan dengan ketentuan skor lebih banyak maka dinyatakan sebagai pemenangnya dan yang kalah menggendong yang menang.


Aplikasi Mobile

We have 34 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Madura adalah sebuah pulau yang sudah tidak asing lagi ditelinga karena orang madura mayoritas menjadi perantau. Akan tetapi Pulau Madura...

Kuliner Madura

  • Nurul SMK Tlanakan 2017 - Wisata kuliner di jawa timur khususnya Madura sangatlah beranekaragam dan daerah pasti mempunyai makanan khas...

Event Kita

Permainan

  • Nur smk Nata 2017 - Banyak sekali permainan tradisional khas madura yang sudah tersingkirkan di era globalisasi yang semakin canggih dan...