ARISAN (ayo request tretan)

 12:00:00  -  15:00:00 WIB

 ARISAN (ayo request tretan)

 Rabu, 12 Desember 2018

Waktu istirahat akan semakin asyik dengan arisan, pendengar merequest 2 lagu favorit dan dikocok tiap 30 menit yang diiringi dengan gimmik arisan. untuk pemenangnya, 2 lagu requestnya akan diputar sekaligus tanpa jeda.

Bunga Cok Mancoan sebagai amunisi Tor Cettor

vie spfm - Pada jama dahulu kala waktu Indonesia sedang dijajah oleh colonial belanda dan jepang sering terjadi kontak senjata antara militant penjajah dengan masyarakat indonsia, kontrodiksi peperangan berakhir saat Negara adikuasa Amerika serikat membombardir Negara jepang tepatnya kota Nagasaki dan Hirosima diluluhlantakkan oleh Bom Atom hingga akhirnya pada hari Jumat Tanggal 17 Agustus 1945 indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya.

Seiring dengan kaidah historis diatas dimana sering terjadi kontak senjata pada saat itu, kesan yang cukup mendalam teryata mampu mendorong masyarakat Madura untuk berkreasi, sehinggal muncullah inpirasi dikalangan masyarakat Madura untuk membuat sebauh alat permainan dengan nuansa peperangan untuk kalangan anak-anak. Ketika alat ini dimainkan akan mengeluarkan suara “cettor” makanya masyarakat menamakan alat ini sebagai “Cor Cettor” sehingga menjadi nama yang cukup unik dari alat ini. Sedikit berbeda pada wilayah yang lain, ada yang menamakan alat permainan ini sebagai “bak tembak an” dan “Tol Pistolan” tapi semuanya tak mengurangi esensi dari permainan ini.

Layaknya sebuah perangan sungguhan kita bisa meniru adegan para pahlawan perang sambil membayangkan kalo diri kita sebagai pejuang. Meski peluru terlontar hanya sekitar + 5 meter, namun kita tetap membayangkan peluru itu melesat hingga ratusan meter setiap kali ditembakkan. Untuk menambah keseruan harus bisa mengincar titik lemah musuh kita sambil melakukan action menghindar saat cot cettor ditembakan kearah kita. Ketika kita terkena peluru cor cettor, action terluka dan matipun juga diperagakan saat bermain.

Untuk membuatnya cor cettor andalan kita sangatlah mudah, kita tinggal mempersiapkan alat dan bahan untuk memproduksi alat permainan ini. Dengan bahan dasar bambu, cettor siap diproduksi dengan menyiapkan ranting perreng keles diameter sekitar 1-1,5 cm dipotong dengan ukuran panjang 30-40 cm sebanyak dua potong. Sepotong untuk untuk gagang pendorong amunisi dan potongan yang satunya untuk laras (lubang tembak. Bahan penyodok diraut hingga sesuai dengan lubang laras, dengan pangkal sekitar 10 cm untuk gagang pendorong. Bagian depan pendorong itu dibuat membesar agar dapat menekan peluru (pelor) dengan sempurna. Untuk menambah daya atau gema suara tor cettor kita dapat menambahkan daun kelapa yang dililit berbentuk kerucut diujung cor cettor. Untuk amunisi (pelor) cukup mudah didapatkan yaitu dengan menggunak biji kembang Tembelekan tapi di wilayah Madura tumbuhan ini cukup dikenal dengan istilah “Cok Macoan” dan ada juga yang menyebutnya sebagai bunga “Nyar Anyaran”. Ada alternative lain untuk amunisi ini, yaitu dengan menggunakan kertas yang basahi dengan air sehingga menjadi lentur.

Ada sedikit modifikasi dari alat permainan ini, yaitu mengasumsikan pada senjata tipe AK47 yang dikenal dengan istilah “Brand”. Untuk membuat Cor Cettor ala Brand kita hanya menambah potongan bambu lebih besar yang diarahkan keatas untuk penyimpanan amunisi serta lobang pada laras cor cettor sehingga pelor yang ada didalam bambu atas akan turun kebawah dan secara otomatis mengisi laras.

Adapun cara bermainnya cukup mudah, bisa dilakukan secara personal maupun kelompok tergantung jumlah anggota yang ingin bergabung. Pertama kita menyiapkan cor cettor, kemudian kita memasukkan peluru (pelor) ke lubang laras dan menyodoknya hingga ke ujung lubang laras. Peluru kedua kedua kita isikan untuk melapisi peluru pertama. Peluru kedua ini berfungsi sebagai klep pompa untuk menekan peluru pertama yang akan ditembakkan dan peluru kedua akan menjadi amunisi berikutnya sehingga saat ditembakkan akan menhasilkan bunyi cettorrr.

Permainan tor cettor ini juga melatih kita untuk bersikap tangkas dan sigap dalam berbagai kondisi. Dalam menghindari serangan musuh dan mengisi peluru pistol kita dituntut cekatan. Kalau tidak, kita akan menjadi santapan pelor cettoran pihak musuh. Kita dituntut untuk mampu menjaga daya konsentrasi sepanjang permainan sehingga kita bisa berhasil melumpuhkan musuh sebelum kita sendiri ditumbangkan.

pic - Flickr Hive Mind


Aplikasi Mobile

We have 192 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Nurul SMK Tlanankan 2017 - Bagi pengunjung yang datang  dari luar pulau madura bisa melewati dua jalur   yakni menggunakan kapal dipelabuka...

Kuliner Madura

  •  Ayu Smk Tlanakan 2017 - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitupun di Sumenep. Salah satu...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Radio SPFM selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk para pendengarnya, acara radio Suara...

Permainan

  • Nur smk Nata 2017 - Banyak sekali permainan tradisional khas madura yang sudah tersingkirkan di era globalisasi yang semakin canggih dan...