NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

          Zainal UTM 2018. Madura memang terkenal dengan permainan tradisionalnya, Salah satunya Permainan bul-ambul yang hist di era 90an. Bul Amnul adalah jenis permainan tradisional yang unik dan dikatakan punah karena jarang dimainkan oleh generasi muda di Era Milineal seperti saat ini. Dulu permainan ini banyak diminati oleh anak-anak karena keseruan dan sensasinya yang luar biasa. Dibutuhkan stamina yang kuat untuk bermain permainan ini karena harus berlarian kesana kemari. Bul-ambul ini adalah permainan yang sama sekali tidak mencari pemenang atau mencari siapa yang kalah, melainkan sekedar seru-seruan saja. Adapun jumlah pemainnya pun tidak dibatasi terserah siapa saja boleh ikutan bermain.

Bul-ambul merupakan permainan yang terbuat dari plastik jenis apapun. Tidak ada kategori warna ataupun merk dari plastic itu sendiri. Namun, cukup disarankan jenis plastik yang digunakan berukuran tipis sehingga ringan ketika diterbangkan oleh angin. kalau ingin terlihat unik dan menarik ketika melayang di udara maka bisa menggunakan plastik yang berwarna warni-warni.

Cara membuat bul-ambul cukup mudah, siapkan media berupa serpihan genting sebagai media pemotong plastik, kaleng susu bekas atau kaleng apa saja yang digunakan sebagai media jiplakan Bul Ambul. Untuk membuat ukuran bul-ambul dengan ukurang yang besar cukup sediakan kaleng bekas yang berdiameter besar atau bisa menggunakan wadahnya cat tembok, kemudian tempelkan plastik diatas kaleng membentuk lingkaran mengikuti sisi kaleng tersebut. Lalu cetak plastik tersebut berbentuk lingkaran dengan cara menggores bagian sisi kaleng yang sudah di tempelkan plastic dengan serpihan genteng yang sudah disediakan dan cetak Bul Abul sebanyak mungkin sampai plastiknya habis.

Cara mainnya gampang siapkan bul-ambul yang sudah dicetak tersebut kemudian ambil batu atau genting pipih yang ukurannya sama dengan plastik bul-ambul sebagai alat untuk melemparkan bul ambul ke udara. Ajak teman teman pergi ke tanah lapang yang luas untuk bermain bersama. Hindari permukiman karena dikhawatirkan batu yang dilemparkan itu jatuh ke atap rumah warga. Tentukan siapa diantara pemain tersebut untuk menjadi pelempar bul-ambul, selanjutnya pemain lain bergantian untuk menjadi pelempar. Untuk pelempar cukup satu orang saja, pemain lain bertugas untuk mengejar dan menangkap bul-ambul tersebut.

Uniknya permainan ini sangat mengasikkan karena ketika pemain melemparkan bul ambul ke udara, dengan banyaknya bul ambul yang ditiup angin di angkasa terlihat cukup menarik. Sementara pemain yang lain berlari untuk mengejar bul ambul sampai saling berebutan menangkapnya. Seterusnya pemain lain yang telah ditentukan bergantian untuk menjadi pelempar. Permainan ini bisa berhenti atau selesai kalau mereka yang bermain sudah merasa lelah baru permainan ini berahir.

Untuk mendapatkan bahan bul ambul ini sangat mudah, kita bisa menemukannya disekitar rumah. kaleng bekasnya kita bisa mencarinya di pemulung atau di tempat sampah sekitar kita. Sementara plastik kita bisa mendapatkan disekitar rumah kita terutama didapur, sedangkan media lemparnya berupa genting atau jenis batu lainnya mudah ditemukan di halaman rumah.


Aplikasi Mobile

We have 81 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

Kuliner Madura

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Pada kesempatan ditahun 2015 radio Suara Pamekasan menggelar acara yang sangat beragam dari tahun ke...

Permainan

  • Widad smk Nata 2017 -Dakon adalah salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan, bahkan permainan...