NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Boi boian era 80an

Nur smk Nata 2017 - Banyak sekali permainan tradisional khas madura yang sudah tersingkirkan di era globalisasi yang semakin canggih dan modern seperti sekarang ini,  salah satunya adalah permainan boi-boian yang sangat jarang dimainkan oleh anak-anak generasi muda saat ini. Permainan tradisional yang lahir pada era tahun 80an saat ini sudah jarang terlihat di masyarakat madura maupun masyarakat lainnya.

Dengan adanya gadget pada zaman modern seperti sekarang ini, masyarakat terutama bagi kalangan anak-anak sudah hampir melupakan permainan yang sangat menarik dan pastinya sangat seru jika di mainkan bersama. Jika dibandingkan dengan gadget, permainan tradisional pada masa zaman dahulu lebih mempunyai banyak manfaatnya dibandingkan dengan permainan gadget yang sudah menjadi mainan terpopuler bahkan menjadi mainan terfavorit bagi masyarakat saat ini. Salah satu manfaat yang didapatkan dari permainan tradisional yaitu semakin menambah ikatan/kedekatan pertemanan yang terjalin bagi mereka yang memainkannya karena mayoritas yang dilakukan dalam permainan tradisional adalah melatih kekompakan untuk setiap timnya.

Permainan boi-boian berasal dari salah satu daerah di pulau jawa, boi boian hadir di pulau madura dengan nuasa yang cukup khas karena sejak dulu masyarakat yang lebih dikenal memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan daerah jawa yang lainnya.

Permainan boi-boian sangat menyenangkan jika dimainkan, untuk bermain bisa dilakukan secara personal maupun kelompok. biasanya untuk bermain diperlukan 5 sampai 10 orang, untuk menambah keseruan dan suasana yang lebih menyenangkan, kita boleh menambah jumlah anggota pemainnya karena inti dari permainan ini adalah semakin banyak peserta yang bermain, maka semakin seru pula boi boian saat dimainkan.

Alat yang diperlukan untuk bermain pun tidak terlalu banyak hanya saja kita perlu menyiapkan beberapa lempengan batu atau genteng pecah yang nantinya akan disusun membentuk sebuat piramida, selain menggunakan lempengan batu, permainan tradisional ini juga bisa menggunakan sandal jepit ataupun benda lainnya yang tentunya bisa disusun, disamping itu  permainan ini juga memerlukan sebuah bola kecil yang nantinya akan digunakan untuk merobohkan batu yang sudah tersusun, selain itu bola juga digunakan untuk dilemparkan pada para pemain yang menghadang atau sedang menyusun piramida.

Cara bermainnya pun sangat simpel dan sederhana namun sangat menyenangkan jika dimainkan, yang pertama bola digulingkan oleh kelompok penembak ke piramida yang tersusun sehingga menjadi berantakan, kelompok kedua sebagai penyusun piramida kembali merapikan dan menyusun batu yang sudah berserakan sambil menghindar dan mewaspadai tembakan bola yang dilepaskan oleh anggota kelompok lainnya.

kelompok yang lain bertugas menembakkan bola ke anggota kelompok lawan yang berusaha menyusun piramida, setiap anggota lawan yang terkena tembakan bola kertas dianggap gugur dan tidak boleh lagi meneruskan permainan ini.

Permainan selesai apabila piramida selesai disusun atau anggota kelompok yang bertujuan menyusun piramida telah semuanya gugur kena tembakan bola kertas dari kelompok lawan. setelah selesai, posisi kelompok ditukar (rotasi) yang tadinya kelompok penyusun piramida menjadi kelompok penembak, dan sebaliknya

Permainan tradisional ini mampu membuat anak-anak merasakan sangat gembira saat memainkannya,walaupun permainan ini cukup dibilang menguras tenaga untuk berlari tetapi semua itu tidak menjadi penghalang bagi anak-anak yang memainkannya.

pic - citizen6 liputan6


Aplikasi Mobile

We have 19 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Ayu smk Tlanakan 2017 - Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang tidak memiliki gunung pada daratannya. Meskipun tidak di...

Kuliner Madura

  • Widad smk Nata 2017 -Kacang ijo adalah tanaman yang sejenis kacang-kacangan bisa dikolaborasi dan dijadikan isi ondeh onde, atau...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Suara Pamekasan merupakan salah satu Perusahaan Radio di Pamekasan yang cukup populer yang berada...

Permainan