LAPAS - Lagu Pop Andalan Suara Pamekasan

 18:30:00  -  21:00:00 WIB

 LAPAS - Lagu Pop Andalan Suara Pamekasan

 Jumat, 5 Juni 2020

yuuuk pantau terus 966 Radio Suara Pamekasan dan bisa dinikmati via streaming yang dapat di download di applikasi store

Sumenep - Pelaksanaan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijrah tinggal hitungan hari, sedangkan pademi Covid 19  secara nasional masih belum usai, Kabupaten Sumenep yang terletak di ujung timur pulau Madura sudah lama masuk zona merah.

Bagaimana terkait pelaksaan sholat Id Idul Fitri 1441 di Kabupaten Sumenep saat pandemi Covid 19 ? berikut wawancara eksklusif reporter Radio Suara Pamekasan melalui sambungan telpon celluler bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep KH. A.Safraji. Kamis (21/05/2020).

  • Bagaimana terkait pelaksaan sholat Ied Idul Fitri 1441 Hijriah saat wabah pandemi Covid 19 Kyai ?

Saya sarankan untuk melaksanakan sholat Ied dirumah masing-masing.

  • Apakah itu hasil keputusan MUI pusat Kyai ?

Kalau memang tetap dilaksanakan di Masjid, Mushalla atau lapangan terbuka, dihimbau untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, menyediakan tempat cuci  tangan, kemudian ada jarak, menggunakan masker dan semacamnya agar tidak terjadi penyebaran covid 19.

  • Kalau anjuran dari MUI pusat terkait pelaksaan sholat Ied menekankan di rumah atau bebas dimana saja Kyai ?

Kalau dari MUI pusat kondisional, jadi kalau memang lebih baik dirumah ya dirumah saja, lebih amannya dari peyebaran covid 19 itu.

Kalau memang masyarakat tetap menginginkan seperti itu (Sholat Ied di Masjid,Mushalla atau Lapangan) dan dalam zona yang aman, ya dipersilahkan, tapi tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

  • Ada himbauan untuk masyarakat Sumenep Kyai ?

Masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari, seperti cuci tangan untuk masuk masjid, kemudian kalau melaksanakan sholat ada jarak dan pakai masker dan dihimbau sementara tidak berjabatan tangan,kalau perlu ya juga pemeriksaan suhu badan seseorang.

  • Terkait hari raya Idul Fitri apa sudah ada penetapan Kyai?

Sudah, sebenarnya kalau berdasarkan hisab itu insya Allah tidak ada perbedaan antara NU, Muhammadiyah dan Pemerintah, tapi NU kan sebagaimana biasa adalah tetap Rukyatul Hilal menunggu melihat bulan dulu baru nanti digabung antara hasil rukyah dan hisab itu, tapi secara hisab khsusnya NU,Muhammadiyah dan Pemerintah sama itu, kecil kemungkinan terjadi perbedaan hari raya tahun ini.

  • Hari raya Idul Fitri Kapan kyai ?

Hari Ahad 24 Mei 2020.

Terimakasih atas konfirmasinya KH. A.Safraji.


Aplikasi Mobile

We have 61 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Gua Lebar ini terletak di kabupaten sampang namun jika anda berminat datang ke goa lebar ini di sarankan membawa kendaraan pribadi karena...

Kuliner Madura

Event Kita

Permainan