100% Pop Indonesia

 15:00:00  -  17:00:00 WIB

 100% Pop Indonesia

 Kamis, 13 Agustus 2020

yuuuk pantau terus 966 Radio Suara Pamekasan dan bisa dinikmati via streaming yang dapat di download di applikasi store

Pamekasan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir Fraksi-fraksi mengenai Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

Rapat paripurna yang dilaksanakan ruang sidang, dipimpin Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rahman, dengan dihadiri Wakil Bupati Pamekasan, Sekda serta beberapa Kepala OPD terkait, Rabu (29/07).

Pendapat Akhir Fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pamekasan Tahun Anggaran 2019 secara umum dapat diterima.

Dari 7 Fraksi yang ada di DPRD, dalam penyampaian pendapat akhir terdapat beberapa Fraksi yang langsung menyerahkan berkasnya kepada pimpinan sidang diantaranya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Demokrat dan Fraksi Nasdem Amanat Nasional. Sedangkan lainnya dibacakan kecuali satu Fraksi yang abstein yakni Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Meski demikian, dari 3 Fraksi yang menyampaikan pendapat akhirnya menerima Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Pamekasan TA 2019 namun secara umum memberikan beberapa catatan penting terhadap kepala daerah.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melalui juru bicaranya yang juga Ketua Fraksi Halili mengatakan terdapat beberapa catatan dan masukan serta koreksi bagi eksekutif untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik dan bentuk penyempurnaan dalam manajemen pengelolaan keuangan daerah kedepan yang berpedoman pasa azas-azas dan norma-norma serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Fraksi PPP berpendapat bahwa pelaksanaan APBD tahun 2019 dengan mencermati hasil laporan BPK menunjukkan ada kemajuan dalam hal temuan dalam sistem pengendalian dan kepatuhan dalam perundang-undangan namun satu hal yang perlu kita sadari bersama bahwa akuntabilitas keuangan daerah baru sebatas administrasi, sementara efektivitas dampak alokasi anggaran terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat belum menampakkan hasil yang signifikan. Untuk itu kami berharap agar Pemkab Pamekasan tidak berhenti dan merasa puas dengan capaian yang diperoleh dengan status WTP," Katanya.

Sementara Fraksi Gerindra mengatakan untuk mengukur sebuah keberhasilan suatu daerah bisa diukur dengan berbagai bidang diantaranya pertama dibidang pendidikan, kedua kesehatan dan ketiga daya beli masyarakat yang ditopang tingkat pelayanan pemerintahan yang prima.

Sedangkan Fraksi Madani yang merupakan Fraksi terakhir dalam menyampaikan pendapatnya diantaranya pertama meminta Pemkab Pamekasan agar merencanakan semua program dengan matang sehingga program dapat terealisasi sesuai jadwal dan tidak ada keterlambatan.

Kedua meminta kepada OPD seperti PUPR, Disdik, Dinkes dan Dishub agar benar-benar melakukan proteksi yang ekstra ketat baik terhadap aparatur maupun rekanan penggunaan anggaran dan stakeholder lainnya sebab cerminan dari visi dan misi pembangunan sangat bergantung kepada output dan program yang lahir dari dinas-dinas tersebut.

Ketiga bupati sebagai pimpinan agar lebih tegas dalam mengatur OPD supaya fokus bekerja sebagai team work yang solid dan koordinatif.

"Keempat hendaknya kedepan belanja langsung diberbagai sektor mampu meningkatkan kapasitas pengelolaan sub-sun sektor secara seimbang disamping keterampilan SDM serta integrasi dengan sektor-sektor lainnya, program hulu sampai ke hilir di segala sektor hendaknya terus diimplementasikan dengan benar dan terukur. Kelima diperlukan regulasi yang mampu mengatur serginitas pelaksanaan program antara pusat, provinsi dan Kabupaten Pamekasan yang sekaligus untuk melindungi kapasitas masyarakat lokal untuk memberi manfaat bagi mereka," Pungkasnya.


Aplikasi Mobile

We have 104 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Madura adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar, tidak hanya memiliki keindahan alam, Madura juga memiliki berbagai...

Kuliner Madura

Event Kita

Permainan