NONSTOP MUSIC

 00:00:00  -  05:00:00 WIB

 NONSTOP MUSIC

 Jumat, 16 November 2018

NONSTOP MUSIC TEST - 96.6 FM SUARA PAMEKASAN - 100% Music Asyik

Kuliner Nasi Jangung Pamekasan

Widad smk Nata 2017 - Nasi merupakan makanan pokok yang wajib di penuhi oleh setiap orang yang masih bernafas di muka bumi.  Nasi juga banyak mengandung karbohidrat sehingga banyak dikonsumsi oleh orang asia terutama indonesia.

Jagung (Zea mays),  merupakan jenis tanaman yang sudah sangat familier bagi warga kita.  Jagung sangat mudah ditanam, apalagi di daerah yang tanahnya subur. Nasi Jagung merupakan alternatif lain dari nasi beras. Kadar karbohidrat yang terkandung dari nasi jagung juga banyak sekali. Makanya tidak heran jika nasi jagung bisa dijadikan alternatif untuk pengganti beras. Bahkan masyarakat di Indonesia ada yang menjadikan nasi jagung sebagai nasi pokoknya.

Banyak sekali olahan kudapan, camilan dan aneka resep rumah tangga yang terbuat dari bahan dasar jangung karena Jagung adalah tanaman pangan yang juga banyak mengandung karbohidrat. Bagi masyarakat madura, butir jagung digiling terlebih dahulu sehingga bagian dalam menjadi dedak (bu’uk) dan bagian luar bisa dikombinasikan dengan beras putih sehingga menjadi nasi jagung.

Di madura banyak dari masyarakatnya sangat familiar mengkonsumsi nasi ini untuk lauk karena menurut mereka tidak terasa lengkap kalo meninggalkan nasi yang satu ini. Menurut mereka nasi jagung itu rasanya sangat lezat apalagi jika di makannya itu dengan air kuah daun kelor atau “ghengan marongghih” begitu sebutan orang madura.

Dikalangan anak muda dan beberapa wilayah mengatakan Nasi jagung disebut dengan NASI EMAS karena berwarna kekuning-kuningan dan memberikan nuasa yang berbeda, untuk pembuatan nasi jagung sangat mudah yaitu dengan menggiling butir jagung sehingga menjadi potongan yang kecil-kecil. Dari hasil Pengilingan itu nantinya juga akan menghasilkan tepung dedak yang biasanya masyarakat Madura menyebutnya bu’uk.

Butir jagung yang sudah digiling itu dicampur dengan beras putih atau padi dan Selanjutnya dimasak secara berbarengan. Adapun cara masaknya sama dengan memasak nasi biasanya. Cukup nikmat jika disajikan dengan kuah daun kelor dan ikan bakar bumbu jeruk nipis. masalah gizi jangan khawatir, nasi jagung ini juga memiliki gizi yang tinggi. cara mendapatkanya juga mudah tinggal kita berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di Madura. Untuk memanjakan konsumen, banyak depot dan warung di Madura yang menyediakan nasi jagung ini bahkan ada salah satu warung spesial yang khusus menjual nasi jangung sebagai Lauk dengan hidangan Pauk yang bermacam.

pic - httpchalistabidara

 


Aplikasi Mobile

We have 54 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Pulau Madura merupakan sebuah kota yang di kelilingi oleh keindahan lautnya, tercatat bahwa Pulau Madura banyak akan keindahan wisata yang...

Kuliner Madura

  • Pamekasan yang terletak dipulau Madura banyak menyajikan potensi wisata, tradisi dan kuliner salah satunya adalah camilan Pamekasan yang...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Dalam menyambut bulan suci ramadhan radio Suara Pamekasan memiliki program tahunan, salah satunya...

Permainan