DENSUS 96 ( Dendang Nostalgia Suara Pamekasan)

 21:00:00  -  23:59:59 WIB

 DENSUS 96 ( Dendang Nostalgia Suara Pamekasan)

 Jumat, 15 November 2019

Berbagi salam di malam hari dengan suasana hangat khas madura, request lagu dangdut nostalgia sekaligus berbagi cerita di balik lagu kenangan tiap akhir pekan.

Krupuk Tangguk Pamekasan

Pamekasan yang terletak dipulau Madura banyak menyajikan potensi wisata, tradisi dan kuliner salah satunya adalah camilan Pamekasan yang cukup khas, Kalau ngomongin yang namanya cemilan itu pasti yang kebayang di otak kita pasti makanan yang bentuknya kecil terus bisa habis dalam beberapa kali suapan. Tapi jangan salah  dengan camilan yang satu ini yaitu kerupuk tangguk dari Pamekasan. Sepintas kata tangguk berasal dari penutup kepala petani untuk melindungi kepala dari sengatan panas matahari saat beraktifitas diladangnya.

Kerupuk Tangguk adalah salah satu jenis kerupuk yang bisa ditemukan di Pamekasan Madura. Tapi kerupuk ini berbeda dari kerupuk yang lainnya. Perbedaannya adalah dari bentuknya yang tidak biasa. Kerupuk tangguk berukuran sangat besar dan cukup untuk menutup kepala layaknya sebuah tangguk petani. Orang biasa menyebut kerupuk ini dengan kerupuk raksasa.

Kerupuk Tangguk terbuat dari tepung tapioka yang ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah yang menjadikan rasanya sangat gurih. Sebelum digoreng, kerupuk tangguk ini harus dijemur agar kering dan bisa mengembang saat digoreng. Kerupuk tangguk biasa dimakan sebagai cemilan sehari-hari dan biasanya disajikan dengan olahan petis dan cabe tuk dibuat rujak, karena saat rujak bersama terasa kurang banget jika meninggalkan krupuk yang satu ini.

Tidak usah khawatir dengan ukuran yang besar, karena harga yang ditawarkan lumayan terjangkau seperti dibeberapa pasar tradiosional dikota Pamekasan yang harganya sekitar 12.000-15.000 tergantung bagaimana kita menawarnya pada penjual. Terkadang krupuk ini dijual keliling dan cukup membuat hati geli karena ukuran kerupuk ini cukup besar, sehingga penjual biasa menyusun keatas dengan tinggi hampir 1,5 Meter.

Pada moment tertentu, krupuk tangguk cukup familiar, misalnya pada saat bulan puasa kerupuk tangguk ini biasa dijadikan sebagai camilan sesudah sholat tarawih untuk dinikmati saat suasana santai bareng keluarga.

Pic – Google Marzukiy Kabar Madura


Aplikasi Mobile

We have 83 guests and no members online

Facebook

Wisata Madura

  • Ayu smk Tlanakan 2017 - Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang tidak memiliki gunung pada daratannya. Meskipun tidak di...

Kuliner Madura

  •  Ayu Smk Tlanakan 2017 - Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi ikon di daerah tersebut, begitupun di Sumenep. Salah satu...

Event Kita

  • Meryam Jameela Sosiologi Unesa 2017 -Radio SPFM selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk para pendengarnya, acara radio Suara...

Permainan