Okta Live Streaming

   -   WIB

 

 Jumat, 29 Maret 2024

Pamekasan - Bertempat di aula Rektorat lantai III lingkungan Univeraitas Madura (UNIRA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unira mengadakan Focus Group Discussion dengan tema "Membedah Mutasi Jabatan Di Kabupaten Pamekasan". Sabtu siang (7/1).

Dalam Acara yang dibuka dengan sambutan Presiden Mahasiswa Universitas Madura dan dilanjutkan dengan sambutan Pembantu Rektor III mewakili rektor menampilkan nara sumber dari BKD, wakil rakyat dari PAN mewakili partai politik, serta Dr. S. Agus Santoso, M.AP selaku dari akademisi Sebagai seorang akademisi dan sebagai nara sumber dalam diskusi kali ini, Dr. S. Agus Santoso, M.AP memaparkan tentang lelang jabatan seperti yang dikatakan Bupati beberapa tahun yang lalu saat melakukan mutasi, "sampai kapan akan diadakan lelang jabatan itu", katanya.

Sementara itu Kepala BKD Pamekasan Lukman Heidi Madya mengatakan, "sebenarnya leleng jabatan itu hampir dilaksanakan, akan tetapi terkendala dengan terbitnya SO baru, sehingga lelang jabatan (rekrutmen terbuka) ditunda dalam waktu dekat", katanya.

Dalam mutasi dan promosi memang menjadi hak prerogatif Bupati, akan tetapi masih ada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang akan memberikan masukan kepada Bupati soal mutasi, "sementara BKD akan menyiapkan kebutuhan data apabila mutasi diperlukan", tambahnya.

Lain halnya dengan wakil rakyat yang mewakili, anggota dewan dari PAN di komisi II mengatakan, "ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam sebuah mutasi, karena jabatan Bupati merupakan jabatan politis", katanya.

Pada kesimpulannya mutasi dan promosi jabatan merupakan hak prerogatif dari pimpinan Kepala daerah, akan tetapi hak itu diperoleh dari legitimasi yang diberikan rakyat kepada pemimpin, dan selayaknya hak prerogatif diperuntukkan untuk rakyat bukan untuk kepentigan golongan atau kelompok.

Sementara dari hasil diskusi yang cukup hangat ini para peserta menginginkan agar tidak hanya sampai disini saja, akan tetapi BEM sebagai pelaksana nantinya bisa memberikan merekomendasi yang positif bagi pemerintah daerah.

 

Liputan : Holil, SuaraPamekasan

Editor : Pandu Wardana